ASAHAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Asahan, menggelar sosialisasi Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) di aula melati kantor Bupati Asahan, Kamis (28/3/2019).

Kepala BKD Asahan, Nazaruddin SH, selaku panitia kegiatan menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar dapat terpenuhinya yang diamanatkan dalam peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) nomor 3 tahun 2013 tentang pedoman penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan teknis analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan.

Diungkapkan Nazar bahwa sosialisasi yang mengundang narasumber dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumatera Utara (BPSDM Provsu) ini, dilaksanakan selama 1 hari diikuti 124 peserta yang terdiri dari pejabat yang menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (para Kepala OPD), pejabat pengawas (para Kasubbag perencanaan evaluasi dan pelaporan OPD, serta para Kasubbag Umum dan Kepegawaian Kecamatan se-Kabupaten Asahan).

Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati, Drs Hasbi Simbolon, mengatakan bahwa AKD merupakan langkah awal perencanaan program Diklat yang diperlukan untuk mengetahui kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tugas dan jabatannya.

Diharapkan kepada seluruh peserta dapat mengaplikasikan hasil sosialisasi ini dengan baik dan bertanggungjawab, serta memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjadi aparatur yang professional, sehingga tujuan organisasi dalam melaksanakan reformasi birokrasi dapat tercapai.

“Sebagai ASN, harus bersifat netral dalam menghadapi pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan pemilihan anggota Legislatif yang waktunya tinggal 19 hari lagi. Mari kita ciptakan kondisi yang kondusif serta tidak memprovokasi pihak-pihak tertentu,” pesannya.*