MEDAN-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Medan yakin akan ada terus perusahaan yang terdaftar sebagai emiten (perusahaan yang melakukan 'go public') baru di bursa efek dari Sumatera Utara (Sumut).

Untuk itu, Kepala Kantor Perwakilan Perwakilan Medan, Muhammad Pintor Nasution menargetkan menambah 1 emiten tahun ini.

"Secara nasional memang kita ada kenaikan target penambahan emiten dari 57 menjadi 75 emiten. Kalau kita di Medan menargetkan minimal 1 emiten untuk tahun ini. Kalau bisa ada 2 itu lebih bagus," katanya, baru-baru ini.

Untuk itu, lanjut Pintor, tahun ini pihaknya fokus untuk menambah emiten baru, dan saat ini sudah ada satu perusahaan di Sumut yang  sedang dalam tahap melengkapi persyaratan melakukan 'go public'.

"Nama perusahaan dan jenis usahanya belum bisa kita publikasikan. Diharapkan perusahaan itu sudah bisa listing di bursa pada semester II 2019," ujarnya.

Pintor optimis, karena perekonomian yang semakin bagus khususnya di Sumut yang angka pertumbuhan ekonominya rata-rata di atas angka nasional. "BEI Medan memang berharap memberi kontribusi di setiap target nasional setiap tahun. Seperti tahun 2019 ini, BEI menargetkan ada 75 emiten baru secara nasional," terang Pintor.

Dia menyebutkan, di Sumut hingga saat ini sudah ada tujuh perusahaan yang 'go public' lima perusahaan bermain di saham dan dua perusahaan di obligasi.

"Agar semakin banyak perusahaan yang 'go public' dari Sumut, BEI Medan terus meningkatkan sosialisasi dan 'jemput bola', seperti sosialisasi dengan menggelar workshop dan lainnya seperti workshop BEI bersama Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), menggelar Workshop Go Public, ” pungkasnya.*