ASAHAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) menggelar sosialisasi penyelenggaraan dan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) di Hotel Marina Kisaran, Rabu (27/3/2019).

Kepala Dinas Perkim Kabupaten Asahan, M Azmy Ismail AP Msi, selaku panitia dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan ini guna memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang peran IPLT Kabupaten Asahan dalam upaya penyehatan lingkungan dan masyarakat sesuai visi misi Pemkab Asahan “ Terwujudnya masyarakat yang religius, sehat, cerdas dan mandiri”, khususnya mewujudkan Asahan yang sehat.

Sementara, Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bupati, Asmunan SPd mengatakan, pengelolaan lumpur tinja yang tepat guna ramah lingkungan sangatlah penting.

Selain membuat lingkungan dan masyarakat hidup sehat, juga meminimalisir timbulnya bibit-bibit penyakit yang bersumber dari kotoran manusia seperti diare, kolera, disentri, cacingan dan sebagainya.

“Jika tinja tidak diorganisir pengelolaannya dengan baik, maka akan menjadi bagian dari mata rantai penularan penyakit, sebab siklus penyakit dimulai dari tinja yang banyak mengandung mikro organisme pathogen dan berbahaya bagi tubuh manusia,” ucapnya.*