ASAHAN-Wakil Bupati (Wabub) Asahan, H Surya BSc, membuka kegiatan Festival Nasyid tingkat Kabupaten Asahan tahun 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Bola Kaki Dusun VI Desa Aek Loba Kecamatan Aek Kuasan, Rabu (27/3/2019).

Kabag Kesra Setdakab Asahan, Sunardi SSos, selaku panitia pelaksana kegiatan, dalam laporannya menjelaskan bahwa festival nasyid yang digelar selama 4 hari, mulai 27-30 Maret ini, merupakan program pemerintah secara nasional yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga tingkat nasional.

Dijelaskan Sunardi, pelaksanaan festival nasyid ini diikuti oleh 25 kecamatan dengan jumlah peserta sebanyak 49 group, terdiri dari peserta putra sebanyak 24 group dan putri 25 group.

“Bagi peserta terbaik nantinya akan diberikan penghargaan dari Pemkab Asahan dan hadiah berupa trophy serta uang tunai,” ucap Sunardi.

Sementara, Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabub, H Surya BSc, menyampaikan bahwa festival seni nasyid ini merupakan arena untuk mengetahui sampai sejauhmana hasil pembinaan yang telah dilakukan mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan hingga tingkat kabupaten.

“Pada hakikatnya, predikat juara bukanlah tujuan akhir dari pelaksanaan festival nasyid ini, yang lebih penting adalah bagaimana seni nasyid dapat berkembang luas dan dicintai ditengah- tengah masyarakat. Bagaimana agar seni nasyid dapat diminati secara luas dan menjadi gaya hidup,” terangnya.*