MEDAN - Pagelaran Festival Seni dan Budaya yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) di Taman Budaya Sumatera Utara. Di mana kegiatan ini berlangsung dari tanggal 19 s/d 24 Maret 2019 sukses dan memikat hati para generasi milenial.

Ketua Panitia, Jimmy Sihahan mengatakan kegiatan hari ini menjadi sejarah bagi DKSU yang berkiprah dalam memajukan seni dan budaya saat ini. Kegiatan kali ini dikemas dari 9 komite dalam bentuk kreasi seni seniman Sumut dan ada berbagai perlombaan serta workshop.

Ada 5 perlombaan seperti tari kreasi, vocal, akting, film pendek, puisi dan sketsa di mana kegiatan ini banyak dari kalangan pelajar di Sumut. "Saya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman panitia yang bekerja keras dalam terselenggaranya kegiatan ini, Kegiatan ini merupakan tonggak dari kebangkitan seni dan budaya yang selama terabaikan oleh kita semua.

Semoga kegiatan ini nanti mampu menjadikan agenda rutin dan sebagai wadah para pecinta seni yang ada di Sumut," papar Jimmy Sihahan.

Dalam sambutannya Ketua DKSU Baharuddin Saputra SH mengatakan Festival Seni Budaya Sumut yang berlangsung dari 19-24 Maret 2019. didukung penuh oleh Bapak Gubernur yang menampilkan berbagai kegiatan melibatkan beragam seni dan budaya yang ada di Sumut dari berbagai kegiatan dari 9 komite yang ada di DKSU.

Menurutnya, tanpa dukungan Gubsu sebagai Ketua Dewan Pembina DKSU tentunya Festival Seni Budaya Sumut 2019 tidak mungkin berjalan sesuai yang beliau harapkan, untuk mendorong kemajuan seni, budaya dan pariwisata Sumut.

Dia menjelaskan momentum ini baik untuk mendukung terselenggaranya event promosi seni dan budaya Sumut yang diprakarsai DKSU. Lebih jauh menjadi arena berkreasi bagi para Seniman Dan Pekerja seni untuk berekspresi lewat berbagai karya terbaiknya.

“Sesuai harapan Gubernur Edy Rahmayadi, festival ini mendukung kemajuan pariwisata dan seni budaya menjadi salah satu visi dan misi ‘Sumut Bermartabat’ yang prioritas dalam meningkatkan kunjungan wisatawan,” paparnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwakili oleh Kadisbudpar Sumut, Wan Hidayati mengatakan atas nama Pemprovsu menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh penggiat seni di Sumut yang telah ikut serta pada Festival Seni dan Budaya 2019 kali ini.

"Para penggiat seni harus tetap semangat terus menerus dalam mempertahankan keberlangsungan tatanan nilai sehat dan dinamis dalam sebuah kompleksitas masyarakat yang heterogen dan multikultural," jelasnya.

Dia menjelaskan melalui kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan hal-hal yang positif yakni meningkatkan partisipasi dan apresiasi masyarakat pada umumnya dan generasi muda pada khususnya serta mampu menumbuhkan rasa kecintaan terhadap seni dan budaya dalam rangka menata kehidupan masyarakat baik aspek sosial, ekonomi, politik maupun bidang lainnya.

"Festival seni dan budaya 2019 ini merupakan media dan forum kegiatan nasional, upaya menghayati semangat tersebut sehingga bersentuhan budaya akan semakin intensif. Jadi, diharapkan kegiatan ini dapat dijadikan ruang silaturahmi dan interaksi seni serta menjadi tolak ukur sehingga keberadaannya mampu memberikan kontribusi bagi dunia pariwisata dab meningkatkan citra Sumut dan mampu ikut ambil bagian dalam peta pembangunan budaya bangsa," paparnya.

"Saya berharap Festival Seni Budaya Sumut menjadi agenda rutin tahunan bagi Dewan Kesenian Sumut dan terjadwal setiap tahunnnya yang nantinya dapat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara," tambahnya.