LABUHANBATU - Pelaksana tugas Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe optimis anak-anak di Kabupaten Labuhanbatu mampu menjadi generasi emas di masa depan. Demikian disampaikannya saat membuka sosialisasi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan beasiswa mahasiswa berprestasi akademik yang berlangsung di Aula Asrama Haji Ujung Bandar Rantauprapat, Rabu (20/3/2019).

Menurut Andi, dunia pendidikan di Kabupaten Labuhanbatu sudah meningkat. Hal ini dilihat dari tingkat kelulusan pada tahun 2018 yang mencapai 100 %. Sedangkan di Tahun 2019 ini, pihaknya telah mempersiapkan program-program pendidikan yang lebih baik guna mencerdaskan generasi penerus di bumi Ika Bina En Pabolo.

"Kami telah mempersiapkan dana sebesar 6 miliar bagi mahasiswa yang masuk ke PTN ataupun Perguruan Tinggi Swasta, serta 1 miliar untuk mahasiswa kurang mampu, dan sekitar 400 Juta untuk beasiswa ke Kairo Mesir untuk 6 anak-anak berprestasi, namun nilai Indeks Prestasi (IP) harus sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan," ujar Andi Suhaimi.

"Hari ini kita tidak mau lagi membagi-bagi seperti regulasi kemarin, yang penting bagi kita anak Labuhanbatu, putra Labuhanbatu dan punya KTP Labuhanbatu, terserah dia mau tinggal di mana, baik di Medan maupun di luar Kota Rantauparapat itu akan kita berikan, karena kita tahu mereka hanya belajar dan menimba ilmu, tapi orangnya adalah orang Labuhanbatu dan punya KTP Labuhanbatu," jelas Andi.

"Saya berharap kepada anak-anak dan mahasiswa, generasi penerus, bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, selagi kita mau berjuang dan mau berusaha Tuhan itu tetap ada buat diri kita, buat kemajuan kita sendiri dan buat kemajuan kita sendiri," kata Andi Suhaimi.

Dr. Restu MS Wakil Rektor II Universitas Negeri Medan (UNIMED) selaku narasumber dalam kegiatan itu sangat mengapresiasi Plt Bupati dan Pemkab Labuhanbatu, yang optimis memajukan Negeri melalui generasi muda. Menurutnya, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu mempersiapkan generasi muda berkualitas yang lebih baik.

"Ini adalah program yang luar biasa, karena tidak semua kabupaten/kota mampu memberikan program pendidikan seperti Labuhanbatu, beasiswa yang sudah 4 tahun lamanya vakum, Alhamdulillah di bawah kepemimpinan Pak Plt Bupati Andi Suhaimi sudah aktif kembali," imbuhnya.

Dr. Restu memepaparkan, di Universitas Negeri Medan setiap tahunya menerima 5.500 mahasiswa, di antaranya terdiri dari mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kemudian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi melalui jalur Mandiri.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat M. Yusuf Rangkuti S.Pd, M.Pd menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan untuk memperluas informasi pendidikan menegah, khususnya bagi siswa kelas IX yang akan melanjutkan pendidikannya ke PTN Tahun akademik 2019/2020.

Adapun peserta sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 1.200 orang siswa yang berasal dari Kecamatan Rantau Utara dan Rantau Selatan. Sebagai informasi, untuk 7 Kecamatan lagi sosialisasi langsung diberikan tim dari Kabupaten ke Kecamatan masing-masing.