SERGAI-Komando Rayon Militer (Koramil 09) Teluk Mengkudu turut berpartipasi dalam kegiatan Gebyar Germas yang di-isi senam massal, pengobatan gratis, di Desa Sentang, Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai, Senin (18/3/2019).

Menurut Danramil, Kapten Inf. S Sitorus, bahwa aksi ini bentuk kepedulian Pemerintah tentang kesehatan bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).Pemkab Sergai melalui Dinas Kesehatan dan juga UPT Puskesmas Sialangbuah mengadakan pengobatan gratis dan senam Lansia.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kadis Kesehatan Sergai, dr Bulan Simanungkalit, unsur Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimcam), Camat, Romian Siagian, Kapus UPT, Sialangbuah, Bhabinkamtibmas, Babinsa Serda Hasnan, Kades Sentang, Salimuddin, serta Bidan Desa se Kecamatan serta masyarakat.

Kegiatan itu dilakukan pengobatan terhadap penderita Hypertensi dan Diabetes Miletus diikuti antusias oleh ratusan masyarakat dari 12 desa yang ada di kecamatan.

Selain pengobatan gratis bagi penderita Hypertensi dan Diabetes Melitus, Dinas Kesehatan Sergai juga memberikan penyuluhan bagi para peserta dan juga para Lansia.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Sergai, dr.Bulan Simanungkalit M.Kes, MM mengajak seluruh Lansia agar selalu hidup sehat.

Disebutkan, bagaimana Lansia itu agar tidak bergantung kepada keluarga karena penyakit jantung yang dideritanya, sementara penyakit jantung itu sendiri masih bisa dicegah dari awal dengan cara pemeriksaan berkala dan diberikan edukasi pendidikan sehat.

Dr.Bulan juga berharap agar Lansia di Sergai akan menjadi Lansia yang sehat, Lansia yang mandiri dan tentunya masa tuanya bahagia. Targetnya agar semua desa mempunyai kelompok-kelompok Lansia. ”Agar Lansia itu mendapatkan olahraga minimal 2 kali dalam seminggu dan tentunya pemeriksaan berkala minimal 1 kali dalam sebulan,“ cetusnya.*