MEDAN - Menyambut perayaan Lustrum ke XII atau HUT ke-60 yang jatuh pada tanggal 1 September 2019 mendatang, Fakultas Teknik USU menggelar berbagai serangkaian kegiatan yang telah, sedang dan akan berlangsung dari awal tahun hingga puncaknya pada 16-19 Oktober 2019.

Pada tanggal itu antara lain akan diisi dengan Seminar Internasional yang dijadwalkan akan dihadiri oleh lima menteri, Pameran Teknologi, Job Fair dan Bazaar UMKM, TALENTA CEST 2019, Jazz Night, Fun Walk, Malam Puncak Lustrum dan Reuni Akbar 2019.

Dekan FT USU Ir Seri Maulina, M Si, Ph D, dalam konferensi pers yang digelar belum lama ini mengatakan, bahwa dalam perkembangannya sebagai fakultas yang terkonsentrasi pada bidang sains dan teknologi, sampai saat ini FT USU telah menghasilkan 15.961 alumni. FT USU memiliki 7 Departemen yakni Departemen Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Arsitektur dan Teknik Lingkungan yang biasa disingkat dengan istilah SIMETRIKAL.

LUSTRUM ke XII FT USU dan Reuni Akbar ini digelar dengan tujuan dapat dijadikan sebagai ajang kolaborasinya para sivitas akademik dan alumni, untuk dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang selaras dalam menjaga visi FT USU untuk “Menjadi Fakultas Teknik yang Unggul dan Berdaya Saing global dalam Pengembangan Ipteks dan Riset Terapan.”

“FT USU harus terus berusaha untuk memberikan pendidikan yang mengedepankan penguasaan pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa dan negara, serta mampu meningkatkan daya saing global. Kegiatan ini sudah dimulai pada 24 Januari lalu dengan menggelar Seminar Kearifan Lokal 4,” kata Ir Seri Maulina.

Menurut Ketua Panitia M Agung Putra Handana, ST, MT, puncak kegiatan Lustrum ke XII akan melibatkan seluruh alumni, sivitas akademik USU hingga masyarakat umum.

“Seluruh rangkaian kegiatan yang digelar bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kecerdasan mahasiswa, juga mendukung kolaborasi dan partisipasi dunia industri, dalam upaya memperkenalkan inovasi dan teknologi, yang dalam terapannya diharapkan mampu berguna bagi masyarakat,” imbuh M Agung.

Untuk kegiatan Pameran Teknologi, nantinya akan ditampilkan berbagai jenis produk inovasi dari berbagai Fakultas Teknik di seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

“Kita sebanyak mungkin mengundang perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, dengan harapan mereka dapat menampilkan bermacam produk inovasi terbaru, yang nantinya akan melecut dan memotivasi seluruh mahasiswa FT USU, untuk melakukan inovasi,” kata M Agung.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Benny OY Marpaung, ST, MT, Ph D, menambahkan bahwa dalam pameran juga akan digelar Lomba Stand Produk Inovatif, sehingga seluruh peserta akan termotivasi untuk menampilkan yang terbaik.

“Pameran ini tidak sedikitpun dikenai biaya. Semua gratis. Dengan demikian, diharapkan semua mahasiswa bisa turut serta,” ujar Benny OY Marpaung, ST, MT, Ph D.

Adapun konferensi internasional, nantinya akan dihadiri oleh para keynote speaker yang berasal dari, Borash University Swedia, Kitakyushu University Japan, USM Malaysia dan FT USU sebagai tuan rumah yang akan ditugaskan kepada Wakil Dekan I Prof Dr Ing Ir Johannes Tarigan.

Sepanjang Maret 2019 ini, rangkaian kegiatan yang digelar adalah INPACT dan IE Fair (Industry) serta PORSITEK (Pekan Olahraga dan Seni Arsitek). Seluruh kegiatan yang berlangsung selama 10 bulan ini didukung oleh Kontribusi Alumni Peserta Lustrum XII, donasi bebas, sponsorship, Pemda dan Pemerintah Pusat.*