JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Oesman Sapta Odang (OSO) memberi pembekalan 4 Pilar MPR RI kepada ratusan anggota organisasi tani nasional. Perwakilan dari NTB, Jember dan Lampung, menerima secara simbolik pembekalan itu, langsung dari OSO.

"Yang lagi kena bencana siapa?" kata OSO di Hotel Win Premier di bilangan Taman Sari, Jakarta, Senin (19/03/2019).

Dari sekian banyak aktivis tani yang mengacungkan tangan, perwakilan dari Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi yang pertama maju ke podium dan menerima simbol pembekalan 4 Pilar MPR RI, berupa Tas berlogo MPR RI berisi buku tentang 4 Pilar MPR RI.

Menyusul, perwakilan dari Jember dan Lampung. Kata OSO, "Lampung ini salah satu pusat tani terbesar di Indonesia,".

Sebelum membagikan simbolik pembekalan 4 Pilar MPR RI, OSO terlebih dahulu menjelaskan soal 4 Pilar tersebut. Usai seluruh aktivis tani serempak meneriakkan "Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika," sebagai penanda pemahaman mereka soal 4 Pilar MPR RI, barulah penyerahan simbol pembekalan diserahkan OSO.

OSO, juga meminta panitia untuk membagikan simbolik pembekalan 4 Pilar MPR RI itu kepada seluruh aktivis tani yang hadir.

"Harus dapat semuanya. Kalau nggak dapat, itu panitia. Kalau lebih, kembalikan," pinta OSO.

Di hadapan ratusan aktivis pertanian yang berasal dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) itu, OSO juga sempat memecut semangat keorganisasian para aktivis.

"Saya ini, Wakil Ketua MPR RI, Ketua DPD RI, satu-satunya yang belum pernah terjadi dari orang HKTI," ujar OSO yang juga menjabat sebagai Ketua BPO Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) itu.***