PALAS-Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) mengunakan tenaga  surya yang terpasang di sepanjang jalan alternatif mulai Sisupak sampai Pasar  Latong, Kecamatan Lubuk  Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) tidak kunjung  menyala untuk penerangan jalan umum.

Usut punya usut terjawab bahwa kondisi matinya lampu jalan tersebut dilatar belakangi karena komponen baterai pada kotak penyimpanan hilang dicuri orang tak bertanggungjawab.

Informasi dihimpun Senin (18/3/2019) dari 8  tonggak yang berdiri di sepanjang jalan jalur ternyata batterai  penyimpanannya telah hilang dari tempatnya.

Hilang Baterai lampu itu baru diketahui warga ketika pada malam hari,karena  tidak menyala seperti biasa. Kotak tempat penyimpan baterai sudah terbuka. Pencurian itu terjadi dalam dua pekan terakhir ini.

Pantauan di lapangan terlihat ada beberapa tiang kotak baterai lampu tenaga surya sudah dibongkar dan tidak ada lagi baterainya. Akibatnya sebagian jalan lintas Sisupak ketika malam hari menjadi gelap gulita.

Sutan Hasibuan, warga Desa Hutanopan, Kecamatan Lubuk Barumun mengungkapkan, keberadaan lampu jalan itu sangat penting untuk menerangi jalan umum  agar tidak  tidak gelap gulita serta mengantisipasi aksi kejahatan di malam hari.

Dikatakan, Pemkab Palas menggunakan tenaga surya untuk mengurangi daya listrik dan mendukung program ramah lingkungan.

“Saya perhatikan banyak tiang lampu bertenaga surya yang berada di lokasi jalan Sisupak, kotak baterainya sudah  rusak, dan baterainya hilang,” kata Hasibuan.

Sutan menyesalkan pelaku pencuri battry lampu jalan tenaga surya tersebut mengakibatkan tiang lampu tidak berfungsi lagi untuk menerangi jalan umum.

"Tindakan para pelaku pencurian baterai pada tiang lampu sehingga  kabel yang menghubungkan baterai dengan lampu menjadi  terputus dan berdampak merugikan masyarakat pengguna jalan, " keluhnya.

Untuk itu dia berharap pihak Kepolisian dapat segera menangkap komplotan pencurian baterai karena tindakan itu telah meresahkan masyarakat.

Pihak Dinas PU Palas melalui Kabid Cipta Karya Sapran Ilyas Nasution membenarkan sejumlah komponen penerangan lampu jalan tenaga surya dicuri komplotan spesialis pencuri battry LPJU. *