JAKARTA - Cawapres nomor 02 Sandiaga Uno melontarkan pernyataan tajam soal pengangguran di kalangan lulusan SMK. Seperti apa jawaban Ma'ruf Amin?

"Saya ingin bicara sedikit tentang pengangguran di usia muda khususnya lulusan SMK yang tidap mendapatkan pekerjaan," kata Sandiaga melontarkan pertanyaan ke Ma'ruf Amin di arena debat cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Sandiaga lantas mengungkap hal itu sangat menyedihkan. Ia mempertanyakan upaya Ma'ruf menyelesaikan masalah itu.

"Solusi yang akan kita lakukan adalah solusi struktural dan solusi nonstruktural. Solusi struktural melakukan upaya reformasi pendidikan dari tingkat bawah sampai universitas, terutama di tingkat SMK," kata Ma'ruf.

"Kami akan merevitalisasi SMK dan sesuaikan dengan tuntutan pasar dengan melibatkan dunia usaha, dunia industri dan memberikan insentif kalau mereka ikut berperan," sambungnya.

Ma'ruf juga bicara solusi non struktural dengan pelatihan. Ia juga akan membuat BUMN berpartisipasi memberikan pelatihan itu.

"Oleh karenanya untuk mendorong agar semangat melakukan peningkatan kami mengeluarkan kartu pra kerja supaya memperoleh semangat dan memperoleh insentif honor antara 6 bulan sampai satu tahun," tegas Ma'ruf.***