PALAS-Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP  Tingkat Kabupaten Padang Lawas(Palas) diikuti  114 siswa. Kegiatan dipusatkan di lokasi SMPN 4 Barumun, Sabtu (16/3/2019).

Seleksi OSN tingkat kabupaten ini merupakan agenda tahunan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Palas untuk mencari bibit-bibit berbakat di bidang akademik  mata pelajaran Matematika, IPA dan IPS.

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas Drs.Abdul Rahim Hasibuan diwakili Kabid Dikdasmen M. Rasyidi Hasibuan, S.Pd, MM didampingi Kasi Kurikulum Komad Jamal Harahap, S.Sos.I, Kasi Bantuan dan Peningkatan Mutu Siswa Ageng Kristianto, S.Pd, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dondang Sari Nasution, S.Sos,. staf Dikdasmen , para kepala sekolah SMP negeri dan swasta serta guru-guru pendamping.

Kabid Dikdasamen mengatakan,  kegiatan OSN merupakan media untuk melihat sejauh mana hasil dan kualitas proses pendidikan dan pengajaran siswa di bangku sekolah.

Oleh karena itu dia berharap, agar pelaksanaan OSN ini dapat berjalan lancar dan objektif karena ajang OSN tingkat kabupaten ini merupakan seleksi  menentukan siswa yang akan menjadi duta Kabupaten Palas ke ajang OSN tingkat Provinsi Sumut yang akan digelar  bulan April mendatang.

 Rasyidi meminta,  peserta agar cermat dan teliti dalam mengerjakan soal-soal dan jangan terburu-buru, manfaatkan waktu yang ada. demikian juga  kepada tim penilai agar seobjektif mungkin untuk mengevaluasi dan menilainya.

"Naskah soal untuk pelaksanaan OSN SMP tingkat kabupaten ini langsung disusun dan digandakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,"terangnya.

  Ditambahkan, naskah soal sudah di terima sejak 3 minggu yang lalu disimpan di kantor Disdikbud,  saat pelaksanaan OSN baru dibuka . "Pelaksanaan OSN SMP tingkat kabupaten dilaksanakan secara serentak pada hari ini di seluruh Indonesia," kata Rasyidi.

 "3 siswa yang mendapat nilai tertinggi dari masing-masing bidang studi yang diperlombakan dalam OSN ini yaitu juara 1, 2 dan 3 dari bidang studi Matematika, IPA dan IPS, akan menjadi utusan ke tingkat Provinsi Sumatera Utara nantinya," imbuhnya.

“Jika terus menang maka mereka dapat bertarung hingga berlanjut ke OSN tingkat nasional. Semoga cita-cita tersebut dapat diraihnya hin?gga dapat mengharumkan nama pendidikan di Kabupaten Padang Lawas khususnya, dan Provinsi Sumatera Utara,”harapnya.

Dia beharap kepada pendampingan siswa terpilih agar memberikan pelatihan dan pembinaan dalam rangka persiapan menuju OSN tingkat Provinsi Sumatera Utara.

  "Dalam hal ini, sama dengan apa yang telah kita laksanakan pada tahun yang lalu yaitu menggandeng Lembaga Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) Medan untuk melatih dan membimbing para juara OSN tingkat kabupaten," tambahnya.

"Kita akan mengadakan pendampingan pelatihan dan pemantapan materi soal-soal olimpiade kepada para juara OSN tingkat kabupaten ini yang masuk  peringkat 5 besar masing-masing bidang studi yang diperlombakan dengan total 15 siswa.  Mereka (siswa -red) akan di karantina selama 5 hari untuk dilatih instruktur dari lembaga POSI Medan. Sehingga apa yang kita harapkan meraih prestasi di tingkat provinsi bahkan sampai ke tingkat nasional bisa terwujud," pungkasnya.*