JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo senang karena keberadaan komunitas motor yang tergabung dalam Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), tidak hanya berfungsi sebagai perekat persaudaraan antar bikers saja, ataupun menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Namun, bisa juga menggerakan roda ekonomi melalui pendirian toko atau store penyediaan aksesoris dan berbagai kebutuhan bikers lainnya dalam berkendara.

"Saya mendukung penuh Kehadiran toko-toko seperti ini yang melibatkan industri usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai pemasok kebutuhan aksesorisnya, dari mulai baju, jaket, tas kulit hingga sepatu. Jadi perputaran uang para pecinta motor juga bisa menyentuh ekonomi rakyat yang bergerak di sektor UMKM," ujar Bamsoet saat menghadiri dan melakukan pengguntingan pita soft opening HDCI Store dan Kafe Urban Garage di Mall Kuningan City Jakarta, Minggu (17/03/19).

Hadir dalam acara itu Ketua Umum HDCI Komjen Pol (Purn) Nanan Sukarna, anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Ahmadi Nur Supit dan Misbakhun, pengusaha Romy Winata, runner-up Puteri Indonesia 2019 Jolane Marie Cholock Rotinsulu, senior dan sesepuh HOG Jadoel Tito Sulistio, Ketua Umum MBI Rio Castilo dan komunitas para Bikers lainnya.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia yang juga Legislator Partai Golkar Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini yakin Harley Davidson Club Indonesia maupun komunitas motor lainnya bisa menghadirkan trickle down effects terhadap perekonomian. Tak bisa dipungkiri bahwa para anggota komunitas motor kebanyakan berasal dari kalangan atas, sehingga perputaran uangnya pun cukup besar.

"Di Harley Davidson Club Indonesia saja, jumlah anggota sudah lebih dari 4.000 orang yang tersebar di berbagai daerah. Belum lagi dari komunitas lainnya. Bayangkan jika satu anggota membelanjakan sekurangnya Rp 1 juta setiap bulannya untuk melengkapi kebutuhan aksesoris motor. Perputarannya akan mencapai miliaran," terang Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila itu.

Tak hanya di Jakarta, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mendorong dibukanya berbagai toko aksesoris di berbagai daerah. Sehingga bisa memeratakan penjualan, sekaligus mempermudah para anggota komunitas motor di daerah.

"Kita harus dukung sekecil apapun usaha yang bisa menggerakan roda perekonomian. Bahkan tak hanya toko offline, peluang toko online juga sangat besar. Apalagi saat ini sudah banyak anak-anak muda yang gabung di komunitas motor. Kebiasaan mereka yang senang dengan belanja online juga harus disentuh," pungkas Bamsoet.***