PALAS-Peningkatan kedisiplinan terhadap siswa terus ditingkatkan dalam menumbuhkan semangat belajar, jumat(15/3/2019).

Kegiatan rutinitas bagi siswa MAN disaat jam istirahat dimanfaatkan untuk melaksanakan kegiatan kebersihan lingkungan sekolah dengan tujuan menciptakan rasa nyaman di lingkungan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan,Kabupaten Padang Lawas (Palas).

  Selain itu, menumbuhkan semangat belajar siswa dalam menjaga suasana yang asri sehingga menjadi motivasi untuk membudaya gotong royong.

Demikian disampaikan Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sibuhuan Mahyarni Junida Nasution .S.Ag saat memimpin pelaksanaan kegiatan kebersihan lingkungan madrasah yang  dilaksanakan oleh seluruh siswa.

  Menurut Mahyarni, dengan lingkungan sekolah yang tertata bersih, rapi dan sejuk dapat menciptakan rasa kepedulian terhadap sekolah, sehingga dengan menciptakan lingkungan sekolah yang  sehat serta meningkatkan semangat belajar siswa dalam mengikuti kegiatan proses belajar mengajar.

Selain itu ,imbuh dia, menumbuhkan  budaya bersih  di lingkungan sekolah juga dapat menjadikan siswa memiliki kepercayaan diri berada lingkungan sekolahnya.

  "Kalau lingkungan kita bersih tentu akan nyaman dan kalau sudah nyaman tentunya belajar juga semangat. Kegiatan jumat bersih  digalakkan sebagai bentuk  menggugah ramah lingkungan,"ujarnya.

Program kebersihan lingkungan madrasah dengan cara bergotong royong,tambah dia,  membersihkan lingkungan sekolah, mulai dari kelas dan semua ruangan yang ada sampai lapangan dan halaman yang ada di dalam sekolah hingga luar lingkungan sekolah.

Dengan lingkungan yang bersih ,kata Mahyarni ,tentu memberikan kenyamanan bagi seluruh warga sekolah, baik bagi  para dewan guru siswa juga para tamu yang berkunjung ke madrasah akan betah.*