ASAHAN- Peringatan Hari Jadi Kabupaten Asahan ke - 73 tahun diawali dengan rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Asahan,jum'at (15/3/2019).

Paripurna tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Asahan H. Surya B.Sc, Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Benteng Panjaitan, SH beserta Anggota, Sekda Kabupaten Asahan Taufik ZA, Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupuluh SIK, Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir MAP, Komisi E DPRD Sumut H. Syamsul Qadri Marpaung Lc dan tokoh masyarakat Kabupaten Asahan.

Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Asahan H. Benteng Panjaitan itu berjalan dengan baik dan serasa harmonis antara para pemimpin Kabupaten asahan dan para tamu undangan termasuk beberapa lapisan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Seketaris Daerah Kabupaten Asahan Taufik ZA Siregar membacakan sejarah singkat Kabupaten Asahan,yang pada tanggal 15 Maret 2019 genap berusia 73 tahun.

Berdasarkan catatan sejarah,perjalanan Sultan Aceh "Sultan Iskandar Muda" ke Johor dan Malaka pada tahun 1612 dapat dikatakan sebagai awal Sejarah Asahan. Dalam perjalanan tersebut rombongan Sultan Iskandar Muda beristirahat di kawasan sebuah hulu sungai, yang kemudian dinamakan Asahan.

Perjalanan dilanjutkan ke sebuah Tanjung yang merupakan pertemuan antara sungai Asahan dengan sungai Silau, kemudian bertemu dengan Raja Simargolang.

Di tempat itu juga, Sultan Iskandar Muda mendirikan pelataran sebagai Balai untuk menghadap, yang kemudian berkembang menjadi perkampungan.

Perkembangan daerah ini cukup pesat sebagai pusat pertemuan perdagangan dari Aceh dan Malaka, sekarang ini dikenal dengan "Tanjung Balai" yang duluhnya merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Asahan.

Bupati Asahan Drs.H. Taufan Gama Simatupang M.AP. dalam sambutannya yang dibacakan wakilinya H. Surya B.Sc mengatakan, Pemda Kabupaten Asahan saat ini tengah berupaya untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang baik meneruskan perjuangan para pemimpin terdahulu.

"Visi Pemerintah Kabupaten Asahan yang Regelius, Sehat , Cerdas dan Mandiri. Untuk mencapai visi tersebut kita perlukan startegis guna menuntaskan program pembangunan," ujar Surya.

Dalam kesempatan itu Bupati asahan melalui Wakil Bupati H. Surya B.Sc mengucapkan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat, aparaur pemerintah, sesepuh pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, insan pers serta seeluruh organisasi masyarakat dan kepemudaan yang ada di Kabupaten Asahan yang sudah bekarya dan mengabdi serta mendukung terhadap pembangunan Kabupaten Asahan.

"Melalui Hari jadi Kabupaten Asahan ini kami mengajak kita semua bahwa dengan semangat Hari Jadi Kabupaten asahan yang ke-73 kita tingkatkan kinerja penyelenggara Pemerintah Daerah dengan meningkatkan layanan publik dan bersama-sama membangun Kabupaten Asahan yang kita cintai ini," tutup Surya.*