Masyarakat Desa Mekar Baru Memiliki Harapan Maju Karena Adanya TMMD

Masyarakat Desa Mekar Baru Memiliki Harapan Maju Karena Adanya TMMD
Brigjend TNI Darmono Susastro, S.I.P bersama tim dan Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos beserta Muspida Baru Bara dan juga Ormas Kabupaten Baru Bara Saat berfoto bersama dimoment Evaluasi dan Pengawasan TMMD di Drsa Mekar Baru (F: Bayu S
Kamis, 14 Maret 2019 16:14 WIB
Penulis: Bayu Sahputra
BatuBara-Masyarakat Desa Mekar Baru, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara merasa memiliki harapan baru yakni harapan lebih maju dengan adanya program TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) di desanya.

Adanya program tersebut, Tim TMMD Mabes TNI melaksanakan evaluasi dan penyesuaian TMMD yang diselenggarakan oleh Kodim 0208/AS di Desa Mekar Baru, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara, Kamis (14/3/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Tim dari Mabes TNI Brigjend TNI Darmono Susastro, S.I.P bersama Aster Kasdam I/BB Kolonel Inf Parluhutan Marpaung, S.I.P dan Kabagmin Irum Itjenad Letkol Inf Tanjung, S.Sos.

Panasnya terik matahari dipertengahan sawah tanaman padi tempat pembangunan program TMMD itu tidak menyurutkan semangat tim evaluasi dan para personil Kodim 0208/AS yang di pimpin Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos.

Pantauan gosumut, antusias dan sambutan masyarakat Desa Mekar Baru pun cukup baik dan sangat mengesankan, tercermin seolah kegembiraan yang sangat luar biasa dari raut wajah masyarakat.

Saat diwawancarai gosumut Brigjend TNI Darmono Susastro, S.I.P didampingi oleh Aster Kodam I/BB Kolonel Inf Parluhutan Marpaung, Kabagmin Irum Ijtenad Letkol Inf Tanjung, Danrem 022/PT Kolonel Inf Raden Wahyu Sugiarto, Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos dan perwakilan Muspida Batu Bara menjelaskan bahwa tujuannya datang ke Desa Mekar Baru itu adalah untuk mengevaluasi dan pengawasan terhadap penyelenggaraan TMMD di desa yang berada di Kabupaten Batu Bara ini dibawah naungan Kodim 0208/AS.
Ads

Sambungnya, evaluasi dan pengawasan tersebut bertujuan untuk peningkatan TMMD kedepannya sehingga diharapkan penyelenggara itu dapat terselesaikan sesuai dengan harapan.

"Saat ini yang kami lihat sesuai dengan evaluasi dan pengawasan kami sudah sangat sesuai dengan apa yang kami harapkan baik itu RAB maupun kwalitas hasil bangunan juga sangat sesuai dengan harapan kami," ungkapnya.

Orang berpangkat satu bintang itu pun merasa bangga kerena ia melihat partisipasi masyarakat dengan aparat TNI sangat baik sehingga muncul sinergitas antara TNI dan masyarakat.

"Saya merasa bangga karena saya melihat partisipasi masyarakat dengan aparat TNI juga sudah sangat bersinegi. Hal ini lah yang sangat kami harpakan bahwa kemanunggalan TNI rakyat itu bukan hanya kegiatan seperti ini aja, namun dalam keseharian juga," tuturnya.

Jendral berwajah tampan itu berharap dengan adanya kemanunggalan yang diselenggarakan bisa membangun kerjasama antara TNI dengan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Harapan kami dengan adanya kemanunggalan ini bisa membangun kerjasama antara TNI dengan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta mewujudkan hubungan Silahturahmi yang baik, sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945," ujarnya.

Jendral yang memiliki jiwa ramah itu pun menjelaskan bahwa pemilihan desa yang menjadi sasaran program TMMD diproses melalui musyawarah tingkat desa, kecamatan dan kabupaten agar pembangunan tersebut benar-benar tepat sasaran.

"Kami memilih desa yang menjadi sasaran program TMMD itu tentunya berdasarkan proses dari musyawarah desa, kemudian musyawarah kecamatan hingga musyawarah kabupaten sampai bisa memutuskan desa mana yang lebih layak untuk mendapatkan program TMMD," cetusnya.

"Kami berharap dengan dibangunkan jalan dan aliran irigasi ini maka masyarakat bisa meningkatkan hasil bumi sesuai dengan hasil bumi yang dimiliki desa ini yakni padi. Kemudian dengan adanya jalan yang layak dapat membangun komunikasi antar Desa Mekar Baru dengan desa lainnya dan masyarakat pun juga bisa menghemat waktu dalam perjalanan karena jalannya sudah bagus," harapnya.

Keyakinan Brigjend TNI Darmono setelah usainya pembangunan TMMD itu dapat membuat masyarakat senang karena jalannya sangat bagus dibandingkan sebelumnya dan bercocok tanam pun lebih gampang karena sudah ada aliran irigasi yang layak.

"Saya yakin setelah bangunan ini sudah selesai masyarakat pasti akan senang karena bisa menikmati jalan yang sangat bagus dan petani pun lebih gampang untuk menanam serta merawat tanamannya karena sudah ada aliran irigasi yang layak pakai," tutupnya.

Ditempat yang sama gosumut mendapatkan komentar dari salah satu warga Desa Mekar Baru yakni Yakub. Ia mengatakan bahwa ia dan warga yang lainnya merasa bangga dengan kehadiran salah satu jendral dari Mabes TNI.

Selain dari itu Yakub juga merasa sangat dekat dengan TNI selama adanya program TMMD yang diselenggarakan di desanya.

Dengan adanya pembangunan aliran irigasi dan jalan itu Yakub pun meyakini hasil sumber daya alam di desanya akan meningkat dan komunikasi antara masyarakat desanya dengan masyarakat desa lain semakin gampang.

"Saya sangat merasa bangga karena desa yang saya cintai ini dikunjungi oleh salah satu Jendral TNI. Dengan adanya program ini kami sekarang merasa lebih dekat lagi kepada TNI bahkan kami pun yakin dengan adanya pembangunan aliran parit irigasi yang sangat baik dan jalan yang sangat layak untuk dilalui kendaraan pasti akan meningkatkan sumber daya alam di desa kami serta komunikasi antara masyarakat desa kami dengan masyarakat desa lainnya lebih gampang," tuturnya.

Melalui awak media Yakub sebagai masyarakat Desa Mekar Baru mengucapkan terimakasih kepada Panglima TNI Yakni Marsekal TNI Hadi Tjahjanto selaku pimpinan tertinggi TNI yang sudah membangun desanya menjadi desa lebih baik.

"Saya selaku masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Bapak Panglima TNI yang sudah membangun desa kami menjadi desa yang lebih baik dari sebelumnya, terimakasih juga kepada Bapak Brigjend TNI Darmono bersama tim karena sudah mau memijakan kaki dan melihat desa kami, tak lupa juga terimakasih kami kepada Bapak Dandim 0208/AS Bapak Letkol Inf Sri Marantika Beruh beserta jajaran yang sudah sangat peduli terhadap desa kami. Berkat kalian semua desa kami ada harapan untuk lebih maju," sebut Yakub dengan rasa gembira.*
wwwwww