MEDAN - Duta Besar Perancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet meresmikan Laboratorium Mikrobiology PT Tirta Lyonnaise Medan (TLM) dikawasan Jalan Limau Manis, Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara Kamis (14/3/2019).

Dihadiri Presiden Direktur TLM Mustafa Tunc Erk, Pelaksana Sekdaprovsu Nouval Mahyar, Sekreatris dan Anggota Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Ikbal Hanafi Hasubuan dan Silmi, Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo, Direktur Keuangan PDAM Tirtanadi, Arif Hardiyan, Direktur Air Limbah, Hari Batanghari, Kadiv Pengolahan Air Minum Joni Mulyadi, Kadiv Perencanaan Air Minum Adi Sucipto, Kepala Sekretaris PDAM Tirtanadi Jumirin, Kabid Publikasi dan Komunikasi, Sekper PDAM Tirtanadi, Oktavia Anggraini, Asisten I Publikasi dan Komunikasi Sekper Zaman K. Mendrofa.

Dubes Perancis dalam sambutannya, mengatakan komitmen dalam membantu meningkatkan kwalitas air minum bagi para pelanggan PDAM Tirtanadi.

Pemerintah Perancis nantinya juga akan melatih pegawai PDAM Tirtanadi yang merupakan salah program dalam meningkatkan kemampuan SDM.

Senada dengan itu, Sambutan Gubernur Sumatra Utara yang dibacakan Pelaksana Sekretaris Pemprovsu Nouval Mahyar, menyambut baik keberadaan Laboratorium Mikrobiology. Sehingga dengan keberadaan laboratorium bisa meningkatkan mutu yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sutedi Raharjo menyampaikan terimakasih kepada pihak PT TLM dengan adanya laboratoriumnya bisa lebih meningkatkan mutu air minum.

Apalagi semenjak adanya kerjasama dari 2001 lalu telah membantu dalam pensuplaian air bagi para pelanggan. Diharapkan nantinya pada Oktober 2019, pihak TLM bisa memproduksi air 900 liter perdetik.

Masih dalam acara tersebut, Presdir PT TLM Mustafa Tunc Erk, pihak terus melakukan peningkatkan mutu layanan, saat ini pihak membangun layanan air kepada pelanggan. Sekarang ini lanjutnya TLM, telah berhasil menyiapkan 500 liler perdetik yang diharapkan pertambahan debit ditingkatkan 400 liter perdetik sehingga pada Oktober 2019 ini sudah bisa tercapai 900 liter perdetik.

Dari pantaun wartawan setelah menyampaikan kata sambutan, Dubes didampingi Pelaksana Sekda Provsu dan jajaran Direksi melihat langsung laboratorium dan lokasi pengelolaan air di TLM.

Bahkan Dirut PDAM Tirtanadi Sutedi bersama Duta Besar Perancis untuk Indonesia Jean Charles Berthonnet, meminum air yang telah diproses pada Laboratorium. Ini sebagai bukti kwalitas dan layaknya air yang bisa langsung di komsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu.*