TOBASA-Perguruan Karate Kala Hitam Cabang Kab.Toba Samosir dengan Pimpinan Cabang Kabupaten Maraden Sihombing,BE, SE (DAN - V) yang di dampingi para Pelatih Cabang di beberapa Dojo menorehkan prestasi membawa harum nama baik Kab.Toba Samosir di tingkat Sumut.

  Kab.Tobasa melalui perguruan Karate Hitam Full Body Contact pada Kejurda SUMUT Karate Junior  Kala Hitam Kyokushinkai - Khan 2019 yang digelar di Medan (3/3/2019) berhasil meraih Juara 2 dan 3 di Kelas < 60 Kg tingkat usia 17 Tahun Pelajar SMA/SMK dengan raihan 1 Perak dan 1 Perunggu.

Juara 2 berhasil diraih oleh Andika Tripandi dengan raihan Tropi juara 1 Perak sedangkan untuk juara 3 berhasil diraih oleh Andre Yosua Manurung dengan raihan 1 Tropi juara dan 1 Medali Perunggu.

Andika Tripandi meraih juara 2 setelah dipartai final di kalahkan oleh Atlet Karate Kodya Medan dan selanjutnya bertemu dengan Andre Yosua Manurung di partai final selanjutnya antara sesama Atlet Karate Kala Hitam  Kyokushinkai - Khan dari Kab.Tobasa, setelah sebelumnya Andre mengalahkan Atlet Karate Kyokushinkai - Khan Kota Berastagi Kab.Karo.

Maraden Sihombing Pimpinan Cabang Perguruan Karate Kala Hitam Kab.Tobasa kepada Gosumut Selasa,(12/3/2019) di tempat Dojo Latihan di Lumbanbulbul Balige mengatakan, Kala Hitam Cabang Kab.Tobasa mengirimkan 14 Atlet Karate Junior Putra terbaiknya.

Dijelaskannya, Kita Cabang Tobasa target utamanya semua atlet karate Junior harus bisa tampil dengan baik saat bertarung di Kejurdasu Karate Junior  Kala Hitam Kyokushinkai - Khan 2019 Medan. "Karena ini masih awal permulaan mereka untuk bertanding membuktikan kemampuan mereka yang selama ini telah berlatih dengan seirus dan penuh kesabaran. Pertandingan ini juga untuk memacu nyali, Mental, Keberanian dan disiplin serta semangat para Atlet untuk Kejuaraan Karate Full Body Contact selanjutnya,"imbuhnya.

"Tentunya juga, dengan harapan bisa meraih beberapa Juara di beberapa kelas pertandingan yang di pertandingkan yang di ikuti oleh para masing masing Atlet Karate. Dan kenyataannya atlet Karate Full Body Contact Junior Kab.Tobasa hanya bisa meraih juara 2 dan 3 di tingkat Pelajar SMA/SMK pada Kelas Pertandingan < 60 Kg usia 16-17 Tahun," jelas Maraden.

Ditambahkan Maraden, Untuk di tingkat pelajar SD usia 13 - 15 Tahun pada Kelas < 40 Kg, salah seorang Atlet Karate Kab.Tobasa Desman Marpaung mundur di perempat Final setelah di 3 partai pertandingan telah mengalahkan Atlet Karate dari 3 Kabupaten lain.

Mundurnya Desman karena mengalami sakit setelah menyelasaikan 3 pertandingan sebelumnya dengan semuanya dimenangkannya dengan bersih."Karena kita lihat Desman merasa kesakitan berkepanjangan, akhirnya kita putuskan untuk tidak melanjutkan pertandingan pada babak Semi Final,"ungkapnya.

Keputusan ini diambil oleh semua pelatih demi menjaga kesehatan dan keselamatan Desman.walaupun Desman tetap bersemangat harus turun main menyelesaikan pertandingan untuk meraih Juara, tetapi melihat kondisi fisiknya kita dan semua pelatih memutuskan untuk mundur demi keselamatan atlet," terang Maraden.*