SERGAI-Dituding pelit memberikan informasi terhadap sejumlah tokoh masyarakat dan awak media terkait kesiapan siswa SMA/MK menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) oleh Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Pemprovsu Cabang Seirampah membuat wartawan berang dan diminta agar jabatannya dicopot.

Ketua pengurusan kordinator wartawan kabupaten Serdang bedagai (Sergai ) Darmawan ST. Menyesaklkan sikap dari Kepala Cabdisdik Pemprovsu cabang Seirampah Yeddi Effendi Sipayung dan Meminta kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk mengevaluasi kinerja Kepala Cabdisdik Pemprovsu Cabang Seirampah itu. Atau jika perlu dicopot jabatannya.

Menurutnya, Sebagai kantor publik milik pemerintah, Kantor Cabdisdik Pemprovsu Cabang Seirampah itu terbuka bagi kalangan pers apa lagi saat ini media harus memberikan informasi kepada masyarakat perihal teknis UNBK tersebut.

"Setidaknya wartawan hendak mengkonfirmasi bagaimana kesiapan menjelang UNBK mendatang berapa jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK itu begitu juga dengan servernya apa sudah siap menjangkau ke pelosok desa yang sulit jaringan khususnya di pegunungan nah bagaimana pula mereka mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik karena di Sergai ini rawan pemadaman listrik," Papar Darmawan.

Selain itu, lanjut Darmawan, dirinya juga sangat kesulitan saat mengkonfirmasi yang bersangkutan pada hari Senin (11/3/2019) oleh Kepala Cabdisdik Pemprovsu cabang Seirampah,namun tidak berada ditempat. "Bahkan para Staf yang bekerja di kantor itu juga tak bersedia memberikan komentar terkait kesiapan siswa SMA/MK menghadapi UNBK," ungkap Darmawan ST.

Sampai hari ini juga, lanjut Darmawan. Tepatnya pada hari Selasa (12/3/2019) dirinya juga mencoba mengonfirmasi kembali. Namun, Security Kantor Cabdisdik Pemprovsu Cabang Seirampah M Helmy mengaku bahwa Kepala Cabdisdik tak berada di tempat. Begitu juga Kasie SMA/MK juga sedang berada di luar bahkan saat di hubungi melalui selulernya tidak bersedia menjawab bahkan langsung di rijek.

"Bapak (Kepala Cabdisdik) sedang rapat di luar kota, bang. Kalau mau konfirmasi langsung ke Bapak (Kepala Cabdisdik). Mungkin hari Senin (18/3/2019) mendatang, Bapak (Kepala Cabdisdik) baru ada di kantor," ujar M.Helmy kepada wartawan.

Menanggapi hal ini, Kepala Cabdisdik Seirampah, Yeddi Effendi Sipayung saat dikonfirmasi Gosumut melalui via seluler sebanyak tiga kali belum bisa memberikan keterangan. nomor seluler lagi luar jangkauan.*