MEDAN - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 mengadakan induksi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) dengan mengusung tema “Learn and Work Together“ di Ruang Selat Malaka Kantor Pusat Pelindo 1 Medan.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur SDM Pelindo 1 M. Hamied Wijaya, Pejabat Struktural Pelindo 1, dan perwakilan dari setiap universitas yang bekerja sama dengan Pelindo 1 yang berasal dari Sumatera Utara dan di luar Sumatera Utara.

Sejak 2018 hingga 2019 ini Pelindo 1 mengagendakan bekerjasama dengan empat belas universitas dari dalam dan luar Sumatera Utara yakni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Panca Budi, Universitas Sari Mutiara, Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Universitas Medan Area, Universitas Negeri Medan, Universitas Prima Indonesia, Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang, Institut Teknologi Medan, Politeknik LP3I Medan dan Politeknik Batam.

“Sebanyak 56 mahasiswa dari berbagai macam program studi memiliki kesempatan untuk merasakan pengalaman bekerja di Pelindo 1 selama enam bulan. PMMB merupakan gagasan Kementerian BUMN yang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempersiapkan individu yang mampu bersaing dan berkompetisi menghadapi persaingan di era globalisasi,” terang M. Hamied Wijaya.

Dalam sambutannya, M. Hamied Wijaya juga menjelaskan tentang kegiatan bisnis Pelindo 1 serta program-program pengembangan yang sedang dilakukan Pelindo 1 guna mendukung proses bisnis Pelindo 1. Program Induksi ini bertujuan untuk mempersiapkan mental mahasiswa untuk memasuki dunia kerja, mengenalkan kegiatan bisnis Pelindo 1, memberikan pemahaman etika di perusahaan, dan mengajarkan tata nilai dan budaya perusahaan. Bukan hanya ini saja, untuk meningkatkan teamwork mahasiswa magang, Pelindo 1 juga mengadakan kegiatan outbond pada Selasa, 12 Maret 2019 di Medan.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kerjasama tim, kemampuan analisa dan pola pikir, menumbuhkan arti penting kebersamaan, membangun rasa percaya diri dan menganalisa kemampuan dan potensi individu.

Program Magang Mahasiswa Bertifikat (PMMB) dilakukan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa di Indonesia untuk menyalurkan potensi dan menggali pengalaman bekerja secara langsung di BUMN.

“Semoga program ini nantinya mampu mendorong semangat mahasiswa magang untuk memberikan kontribusi terbaik dan bekerja dengan sepenuh hati dalam menunjukkan bakat dan potensi mereka selama masa magang berlangsung. Harapannya di tahun depan, Pelindo 1 bisa menerima lebih banyak mahasiswa magang bersertifikat lagi untuk mencetak SDM yang profesional," terang M. Hamied Wijaya.

M. Hamied Wijaya juga menambahkan bahwa Pelindo 1 membuka peluang untuk melakukan kerja sama dalam bidang lain dengan berbagai universitas yang bertujuan untuk pengembangan SDM selain pelaksanaan PMMB.

“Pelindo 1 selalu ingin turut berkontribusi dalam mencetak SDM yang handal sebagai salah satu wujud nyata dalam mewujudkan tujuan BUMN yang Hadir Untuk Negeri,” tutup M. Hamied Wijaya.*