TOBASA-Demi mensukseskan pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 yang akan datang, Bawaslu Kab.Toba Samosir rangkul masyarakat berbagai kalangan khususnya Siswa/i dan Para Mahasiswa sebagai pemilih milenial dengan melaksanakan Sosialisasi Pemilu Partisipatif 2019 di Aula SMK N.1 Laguboti Tobasa Rabu,(3/3/2019).

Ketua Bawaslu Kab Tobasa Juniat Sitorus mengungkapkan Bawaslu pada kesempatan tersebut berharap kepada seluruh warga masyarakat Kab.Tobasa serta berbagai lapisan kalangan masyarakat supaya memberikan peran sertanya untuk pengawasan pelaksana Pemilu 2019 dalam hal berbagai dugaan pelanggaran Pidana Pemilu maupun Money Politik.

Ditegaskan Juniat, untuk pemilih pemula supaya memberikan hak pilihnya pada pesta demokrasi yang akan datang dan memastikan dirinya tercatat dan terdaftar dalam daftar pemilih Tetap (DPT).

Pemilih pemula pada pelaksanaan Pemilu adalah sebagai taget berpengaruh, karena dianggap belum memiliki pengalaman. Peran serta para pemilih pemula (pelajar/mahasiswa) sangat penting perannya bagi kemajuan bangsa dan negara dalam mensukseskan terlaksanananya pemilu tahun 2019.

"Untuk pemilih pemula dianggap sebagai target berpengaruh karena dianggap belum memiliki pengalaman voting pada pemilu sebelumnya dan masih berada pada sikap dan pilihan politik yang belum jelas. Pemilih pemula yang baru  memasuki usia hak pilih  juga belum memiliki jangkauan politik yang luas untuk menetukan kemana mereka harus memilih," jelas Juniat.

Lebih lanjut disampaikan Juniat, Untuk para Pemilih Milenial hendaknya berpikir positif dan bijaksana dalam hal menentukan hak pilih suaranya serta menjauhi dan menelaah serta menolak Informasi yang tidak jelas kebenarannya (Informasi Hoax).

"Janganlah terpengaruh dengan janji materi (uang) serta jangan terpancing ataupun terprofokasi dengan Politisasi SARA,"imbuhnya.

Partisipasi dan peran serta masyarakat dalam Pelaksanaan Pemilu telah diatur di UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu pada pasal 448 bahwa pemilu diselenggarakan dengan partisipasi masyarakat dilakukan dalam bentuk sosialisasi Pemilu, Pendidikan Politik bagi masyarakat, Survei atau jajak pendapat tentang pemilih dan penghitungan cepat hasil pemilu.

Pengawasan Partisipatif oleh masyarakat dalam pelaksanaan jalannya Pemilu  merupakan kesadaran individu untuk bertindak dan proses internal individu sebelum mengambil tindakan.*