MEDAN - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi positif Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Gubsu dan Wagubsu periode 2018-2023 di bidang pendidikan khususnya yang berkenaan dengan kesejahteraan guru.

Hal ini diutarakan Ketua PGRI Sumut Drs. H. Abdul Rahman Siregar kepada GoSumut.com, Kamis (28/2/2019) menanggapi RPJMD Gubsu periode 2018-2023.

Sebagaimana disebutkan dalam RPJMD yang dirilis Gubsu Letjen TNI (Purn) H. Edy Rahmayadi, Program unggulan yang memiliki daya ungkit yang akan mendorong terjadinya lompatan dalam pembangunan Sumut hingga tahun 2023 antara lain, bidang pendidikan mewujudkan masyarakat yang terpelajar, berkarakter, cerdas, berdaya saing dan mandiri. Sasaran bidang pendidikan diarahkan kepada peningkatan kualitas dan keterjangkauan layanan pendidikan dengan target tercapainya angka rata-rata lama sekolah 10,5 tahun. 

Hal ini dilakukan melalui upaya peningkatan kualitas dan kompetensi guru, penambahan  gaji guru honorer, penyediaan “guru terbang” dalam rangka pemenuhan kebutuhan guru di wilayah tertinggal, serta pemberian beasiswa bagi lulusan SMA berprestasi dari keluarga kurang mampu yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. 

Selain itu juga dilakukan melalui upaya peningkatan kerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota, dan mendorong partisipasi  BUMN/BUMD, swasta dan masyarakat dalam pembangunan  dan peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan SMA di kecamatan sesuai dengan kebutuhan, dan pembangunan SMK yang relevan dengan kebutuhan dan potensi unggulan daerah antara lain di Pematangsiantar, Padangsidimpuan, Deliserdang, Simalungun, Batu bara, Labuhanbatu Utara dan wilayah kepulauan Nias.

Terkait peningkatan kesejahteraan guru honorer yang ditampung dalam RPJMD tersebut, kata Rahman Siregar, tidak terlepas dari dorongan dan harapan PGRI Sumut yang disampaikan kepada Gubsu melalui surat nomor 59/2018 perihal Mohon Kesejahteraan Guru Honorer dan Tenaga Teknis Pendidikan Ditambah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Atas perhatian dan komitmen yang ditunjukkan Gubsu ini, segenap jajaran PGRI Sumut mengucapkan terimakasih sekaligus akan berupaya optimal mendukung program Gubsu dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan menuju Sumatera Utara yang bermartabat di segala bidang.

"Semoga Bapak Gubsu H Edy Rahmayadi dan Bapak Wagubsu H Musa Rajekshah selalu sehat wal afiat dan senantiasa dirahmati Allah SWT dalam memimpin Provinsi Sumatera Utara. Amin," do'a Ketua PGRI Sumut H. Abdul Rahman Siregar.***