JAKARTA - Puluhan orang penambang emas di Bolang Mongondow, Sulawesi Utara, tertimbun longsor.

Dari informasi BNPB, longsor tanah longsor terjadi di areal penambangan emas tanpa ijin (PETI) di Desa Bakan Kec Lolayan Kab Bolaang Mongondow Sulut pada 26/2/2019 pukul 21.00 WITA.

"Pada saat puluhan orang sedang menambang emas dilokasi tersebut tiba-tiba tiang & papan penyanggah lubang galian patah akibat kondisi tanah yang labil dan banyaknya lubang galian tambang," ujar Kepala Humas dan Pusat Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (27/2/2019) di Jakarta.

Dalam kejadian tersebut kata Sutopo, diperkirakan ada sekitar 60 orang lebih yang tertimbun.

"Data sementara, ada sekitar 60 orang ebih tertimbun material longsoran tanah dan bebatuan dilokasi Areal tambang rakyat," ujarnya.

Sampai dengan Rabu (27/2/2019) Pkl. 05.00 Wita, pihak aparat gabungan sudah berhasil mengevakuasi sebanyak 14 dengan rincian sebagai berikut:

1 orang meninggal dunia, 13 luka-luka, dan diperkirakan masih terdapat puluhan korban terjebak di dalam reruntuhan lubang galian tambang.

"Sejak menerima informasi dari masyarakat, BPBD Bolmong langsung berkoordinasi dengan Basarnas Pos SAR Kotamobagu, Polsek Lolayan dan Koramil Lolayan untuk melakukan evakuasi korban tertimbun material longsoran. Kondisi terakhir, proses evakuasi masih terus dilakukan walaupun dengan kondisi malam hari karna banyaknya korban tertimbun dan diperkirakan masih selamat," pungkasnya.***