Dandim 0209/LB Hadiri Pembukaan TMMD ke-104 Tahun 2019

Dandim 0209/LB Hadiri Pembukaan TMMD ke-104 Tahun 2019
Rabu, 27 Februari 2019 12:37 WIB
Penulis: Penry Nababan SH

BATUBARA - Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso, menghadiri upacara pembukaan TMMD ke 104 tahun 2019 dengan tema "Melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta semangat goyong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan ketahanan nasional", Selasa (26/2/19) di lapangan bola kaki Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batubara.

Upacara pembukaan TMMD ini dikomandoi Bupati Batu Bara, Ir. H.Zahir MAP sebagai inspektur upacara, sedangkan Komandan Upacara, Kapten Inf. Marasi G.Sinaga, (Komandan SSK) dan Perwira Upacara Kapten Inf. Mulyanto.

Pada kesempatan itu, Bupati Batu Bara Ir. H.Zahir MAP menyampaikan, pelaksanan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 merupakan bantuan TNI kepada pemerintah daerah, khususnya Desa Mekar Baru, Kecamatan Sei Balai, agar desa ini menjadi sebuah desa percontohan pembangunan kesejahteraan sosial.

Setidaknya ada 3 konsep besar yang dilaksanakan dalam TMMD ke-104 ini yaitu perbaikan infrastruktur jalan, drainase serta rehabilitasi rumah yang tidak layak huni.

Ads
"Secara sosial, ada peningkatan sumber daya manusia, peningkatan kesehatan dan peningkatan taraf
hidup yaitu melalui penyuluhan sosial, pendidikan, keluarga berencana sampai kepada perbaikan ekonomi keluarga melalui Pertanian dan UMKM," bilang Bupati.

Sedangkan secara lingkungan, lanjut Bupati, ada gerakan kebersihan dan penghijauan dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih dan hijau.

"Apabila Ketiga konsep ini dapat kita laksanakan di Desa Mekar Baru, maka TNI dan Polri, pemerintah daerah, pengusaha serta masyarakat di Kabupaten Batubara ini, adalah warga negara yang berprestasi membangun Indonesia dari daerah pinggiran sebagaimana Nawa Cita Bapak Presiden Republik Indonesia," terangnya.

Dia menjelaskan, sejak kepemimpinan Presiden Republik Indonesia pada tahun 2014, telah dialokasikan anggaran untuk membangun desa yang dianggarkan dari APBN yang setiap tahunnya terus ditingkatkan sehingga kelak desa-desa di Indonesia mampu menjadi desa yang sejahtera.

"Kepada para pimpinan OPD termasuk Camat, saya minta tunjukan kemampuan suadara, baik secara anggaran maupun sumber daya yang dimiliki untuk melaksanakan perbaikan infrastruktur rehabilitasi rumah, penyuluhan dan peningkatan Ekonomi masyarakat sehingga tiga konsep TMMD ke 104 tahun 2019 ini
berhasil kita laksanakan termasuk juga penghijauan dengan tanaman pohon mangga," tegas Bupati.

Pantauan awak media, upacara pembukaan TMMD ke-104 ini dirangkaikan dengan penanaman pohon secara simbolis di sekitar lapangan upacara dan dilanjutkan peninjauan sasaran TMMD di Desa Mekar Sari oleh Danrem 022/PT bersama Bupati Batubara beserta rombongan dengan mengendarai sepeda motor dinas Babinsa.

Acara pembukaan TMMD tersebut dihadiri, Danrem O22/PT Kolonel Inf. Raden Wahyu Sugiarto, Wakil Bupati Batu bara OKy Iqbaq Firman,SE, Staf Ahli Pangdam I/BB Kolonel inf Martohap Simorangkir, Kasi Intel Rem 022/PT letkol Inf Jhonson.M.Sitorus, Kasilog Rem 022/PT Mayor Inf Hendri Siregar, Dandenpom I/I P. Siantar Letkol CPM Khoirun SE. M. Hum, Danden Hub Letkol Chb M. Yunus, Kapenrem 022/PT Mayor Inf Djarwadi, Pasi Bhakti Korem 022/PT Mayor Inf. P. Sinaga serta seluruh Dandim jajaran 022/PT, Ketua DPRD Batu bara Selamat Arifin. SH.MSi, Kolonel Inf Samsul Hrp Perwakilan dari PT. Inalum ( Persero), Kapolres Batu bara AKBP Robinson Simatupang, SH.M.Hum, Kemenag Batubara, Ahmad Sofian, SAg, Drs Suwarsono Anggota DPRD Batu bara, seluruh OPD Pemkab Batu bara, Danlanal Tanjung Balai diwakili oleh Letda (L) Endison, Kejari Batu bara Mulyadi Sajaen, SH.MH, seluruh Camat Sekabupaten Batu bara, Danyon 126/ KC diwakili oleh Mayor Inf Tiartona Arga, Danbekang Letkol Cba J. Hutasoit, Seluruh Kepala Desa Sekecamatan Sei balai, dan Kalapas Kelas II A Kabupaten Batu bara diwakili oleh KPLP Portomuan Sinaga, SH.

www www