SIBOLANGIT - Kader Partai Solidafitas Indonesia (PSI) di Medan dan Deliserdang kembali menggelar bakti sosial (baksos) pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, serta donor darah.

Baksos yang kali ini bekerjasama dengan Gerakan Anti Narkoba (GAN) Indonesia, digelar di panti rehabilitasi narkoba Al-Kamal Sibolangit Centre, Jalan Medan-Berastagi Km 45, Desa Suka Makmur, Sibolangit, Deliserdang.

Acara baksos ini diprakarsai oleh Sekretaris GAN Indonesia, yang juga Caleg DPR RI dari PSI, Sylvia Rahmah Lubis, dan caleg DPRD Deliserdang dari PSI, Roland Hutagaol.

Turut hadir dewan penyantun panti rehabilitasi narkoba Al-Kamal Sibolangit Centre, HM. Kamaluddin Lubis. Ratusan warga terlihat antusias memeriksakan kesehatannya, seperti periksa gigi, gula darah, klosterol, asam urat, dan kesehatan umum.

Sylvia Rahmah Lubis, kepada wartawan mengungkapkan bahwa pada prinsipnya PSI ingin memberikan hal atau program bermanfaat langsung kepada masyarakat seperti pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis.

"Karena masalah kesehatan hal yang sangat utama dari segalanya. Sebab, jika masyarakat sehat, maka bangsa juga akan kuat. Apalagi soal kesehatan ini merupakan kebutuhan utama masyarakat," ujar Sylvia.

Ia menjelaskan, kegiatan ini tentu saja bertujuan agar masyarakat menjadi lebih menyadari betapa pentingnya memeriksakan kesehatan dan mendapat pelayanan gratis di bidang kesehatan.

"Dan kegiatan ini nantinya kami buat berkelanjutan. Dimana sebelumnya kami juga telah melakukan bakti sosial di Sunggal, Deliserdang," katanya.

Sementera itu baksos donor darah, menurut Sylvia, merupakan salah satu langkah kepedulian dan ingin berbagi kepada masyarakat. "Terimakasih kepada masyarakat yang turut andil mendonorkan darahnya" ujarnya.

Sylvia pun menyampaikan terimakasih kepada kader PSI Deliserdang dan pihak PMI Karo, yang telah membantu kegiatan bakti sosial tersebut, karena program ini menyentuh langsung kebutuhan masyarakat akan kesehatan.

"Tentunya kita mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas program mulia ini, yang jelas-jelas tepat guna dan berdaya guna bagi masyarakat," ujar Sylvia, yang merupakan putri tokoh Sumut sekaligus penyantun panti rehabilitasi narkoba Al-Kamal Sibolangit Centre, H. Kamaluddin Lubis.

Pada kesempatan yang sama, Caleg DPRD Deliserdang dari PSI, Ronald Hutagaol, menambahkan bahwa pemeriksaan kesehatan ini antara lain cek klosterol, gula darah, asam urat, tensi, beberapa penyakiit dalam, pembersihan karang gigi, cabut gigi, dan pengobatan serta pemeriksaan gigi, dan donor darah.

"Dalam baksos ini kami melibatkan tenaga medis terdiri dokter umum dan dokter gigi, serta didukung para medis dan relawan. Target yang diperiksa dan diobati sebanyak 200 orang. Semuanya gratis," ungkapnya.

Sedangkan untuk petugas donor darah, mereka melibatkan sejumlah tenaga dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Karo. Selain itu, kata Ronald, juga ada penyuluhan bahaya narkoba oleh GAN Indonesia.

"Dan sebelum ini kami juga telah buat acara yang sama di Desa Medan Senembah, Tanjung Morawa dan Sunggal, Dekiserang," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang mengikuti baksos tersebut, Hendra Tarigan,, penduduk Sibolangit, mengaku senang dan berterimakasih. "Saya periksa umum sekaligus donor darah nempel gigi," katanya.

Hal senada juga disampaikan warga lainnya, P Ginting, warga Desa Suka Makmur, Sibolangit. "Sangat bagus kegiatan ini, Bang. Kami sangat terbantu dan berterimakasih," ujarnya.*