LABURA - Dandim 0209/LB, Letkol Inf Santoso menghadiri pembukaan turnamen bola volly tropi Dandim 0209/LB Cup I Tahun 2019, Senin (25/2/2019) sore kemarin sekitar pukul 16.00 di Desa Marbau Selatan Kecamatan Marbau Kabupaten Labura dengan Tema "Jaga Sportivitas, Jalin Persahabatan Sesama Insan Olahraga". Pembukaan turnamen ini turut dihadiri Wakil Bupati Labura Drs Dwi Prantara, Ibu Ketua Penggerak PKK KabupatenLabura, Ibu Ketua Persit KCK Cab XXXVI Kodim 0209/LB, Ketua Panitia Turnament Bola Volly Tropy Dandim 0209/LB H. Ahmad Sampurna S.Sos, MA, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko Cholifa SH S.Pd, Ketua KNPI Kabupaten Labura, Ketua Koni Kabupaten Labura, Ketua PBVSI Kabupaten Labura, Manager PTPN III Marbau Selatan, Camat Merbau Adlin Sinaga, Danramil 06/MB Mayor Inf DW Aritonang, Pa Korum Ki B dan Ki C Yonif 126/KC, Para Kepala Desa se Kecamatan Marbau serta Seluruh Peserta Turnament dan Tamu Undangan berjumlah sekitar 500 Orang.

Dandim Santoso dalam sambutannya mengatakan, awalnya lapangan bola volly Desa Marbau Selatan ini sangat tidak layak. Oleh karena itu, dirinya berniat untuk memperbaikinya dan membuat suatu pertandingan bola volly di wilayah Kabupaten Labura ini.

"Untuk para atlet bertandinglah dengan penuh sportivitas dan tunjukkan kemampuan kalian, agar bisa meraih prestasi tingkat kabupaten, tingkat nasional bahkan tingkat internasional. Seperti di Kabupaten Labuhanbatu, Jumat kemarin sudah kita berangkatkan dua atlet untuk mengikuti pertandingan Gate Ball tingkat Internasional di Thailand,” ujar Dandim.

Dandim pun berharap, atlet bola volly yang berprestasi dapat membuka lapangan kerja sendiri seperti diterima di Perkebunan PTPN III Marbau Selatan.

"Yyang saat ini hadir Bapak Manager PTPN III Merbau Selatan, sehingga mengurangi pengangguran di Kabupaten Labura khusus bagi mereka-mereka yang berprestasi dan selamat bertanding semoga mendapat juara,” tegasnya.

Sementara, Wakil Bupati Labura, Drs Dwi Prantara dalam sambutannya mengatakan, dirinya beserta jajaran Pemkab Labura ke depan akan menghidupkan kompetisi untuk menjaring bibit-bibit unggul pemain berprestasi di Kabupaten Labura.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Dandim 0209/LB, dimana beliau menggagas acara ini sehingga kita bisa mendapat pemain-pemain muda yang berprestasi. Kepada atlet volly agar bertanding dengan maksimal dan saling menghormati sehingga mendapat juara,” tambahnya.

Peserta pertandingan ini terdiri dari 16 Tim yaitu Tim SP Bun Marbau Selatan, Tim Gabungan Kompi C dan B Yonif 126/KC, Tim Blungkut, Tim Kamsel A (Kampung Selamat), Tim Pondok Ladang, Tim PT. Smart Pernantian, Tim Aek Tapa, Tim Bandar Rukun (Kp Enam), Tim Pulo Jantan, Tim Aek Hitetoras, Tim Junior Labura, Tim Marbau Selatan A (Tuan Rumah), Tim Bulungihit, Tim Tubiran, Tim Marbau Selatan B (Tuan Rumah) dan Tim Kamsel B (Kampung Selamat).

Turnamen ini memperebutkan hadiah berupa uang pembinaan Rp 10 juta untuk juara 1, Juara II akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 7.5 juta, Juara III akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 5 juta dan juara IV akan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 3.5 Juta.

Pembukaan secara simbolis oleh Dandim Santoso ini diawali dengan serve vola volly kepada para pemain dan pertandingan turnamen volly Semi Open Piala Dandim 0209/LB resmi dimulai dan diawali dengan pertandingan antara Tim Gabungan Kompi C dan Kompi B Yonif 126/KC melawan Tim Pondok Ladang. Turnamen ini berlangsung selama sebulan sampai dengan 25 Maret 2019.