ASAHAN-Moment Hari Pers Nasional (HPN) 2019 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Pemkab Asahan gelar Sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) menjelang pelaksanaan UKW di Kabupaten Asahan bulan Maret mendatang,Senin (25/2/2019).

Kegiatan itu digelar di Nada Resto Kisaran yang dihadiri oleh wakil ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Rijal Surya selaku nara sumber kegiatan, Bupati Asahan yang diwakili oleh Kadis Kominfo Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar, Penasehat PWI Kabupaten Asahan Awaluddin, S.Ag, Nurkarim Nehe, Ketua PWI Kabupaten Asahan, Indra Sikoembang dan pengurus serta anggota PWI Kabupaten Asahan.

Bukan hanya itu saja, kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh 100 orang wartawan seluruh Kabupaten Asahan.

Ketua PWI Kabupaten Asahan, Indra Sikoembang mengajak bagi para wartawan yang belum mengikuti UKW dan yang belum mendaftar UKW pada bulan Maret mendatang di Asahan agar segera mendaptarkan diri dengan cara melengkapi persyaratan yang sudah diumumkan.

"Bagi kawan-kawan seprofesi yang belum UKW dan belum mendaftar saya harap segera mendaftarkan diri untuk mengikuti UKW di Asahan pada tanggal 4 Maret mendatang dengan cara melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan," kata Indra.

Sambung Indra, dengan adanya sosialisasi UKW ini dapat membantu para rekan pers kedepannya untuk mengikuti UKW, karena materi yang akan dibawakan oleh Wakil Ketua PWI Sumut sangat bermanfaat sebagai pembekal UKW nantinya.

"Hingga saat ini peserta yang sudah mendaftar dari kabupaten Asahan sebanyak 20 orang, sementara kuota peserta UKW yang tersedia ada 30 peserta. Maka dari itu bagi yang belum mendaftar segeralah mendaftar, mumpung ada UKW di Kabupaten kita sendiri," tambahnya.

Bupati Asahan Drs. H. Taufan Gama Simatupang melalui Kadis Kominfo Asahan Rahmat Hidayat Siregar menyampaikan paparan Bupati Asahan bahwa seiring dengan kemajuan jaman, karya jurnalistik bukan satu satunya sumber informasi sebab saat ini masyarakat dapat dengan mudah mengakses pemberitaan dengan kemajuan teknologi dari internet dan media sosial.

Pada kesempatan itu juga, melalui Kadis Kominfo Asahan, Bupati Asahan mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi kepada Ketua PWI Asahan serta segenap pengurus dan anggota atas terselenggaranya kegiatan itu.

"Kami atas nama Pemkab Asahan mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada ketua dan seluruh kader PWI Asahan yang sudah membuat kegiatan ini. Kami merasa bangga bisa bekerjasama dengan PWI. Semoga kerjasama ini terus berlanjut demi kemaslahatan masyarakat," kata Kadis Kominfo yang biasa disapa dengan sebutan Dayat.

Sambungnya, "Pers saat ini telah menempati posisi yang cukup strategis bagi pemerintah dan masyarakat. Wartawan sebagai insan pers dituntut sadar akan profesi, beretika jurnalistik terampil dalam menyikapi kemajuan jaman dan membela kepentingan publik".

“Untuk menghadapi realitas itu, wartawan sangat perlu meningkatkan kompetensi dengan senantiasa memperkaya wawasan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu juga, Rahmat Hidayat Siregar juga mengingatkan kepada seluruh insan pers di Asahan untuk memanfaatkan momen yang diselenggarakan oleh PWI sebelum mengikuti UKW yang akan diselenggarakan bulan Maret mendatang.

" Kami berharap para insan pers agar dapat memanfaatkan moment ini sebelum mengikuti UKW yang akan diselenggarakan awal bulan maret mendatang. Kedepan akan ada kemungkinan kita selaku Pemkab Asahan akan memberlakukan perbub untuk larangan meliput bagi wartawan yang tidak memiliki kartu UKW," ujar Dayat sembari membuka acara Sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan.*