LABUHANBATU - Semangat Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 bergelora di Kabupaten Labuhanbatu. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan apel bersama 2.000-an Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri, Kamis (21/2/2019) di pelataran Tugu Adipura Simpang Kompi Senapan C 126/KC Rantauprapat. Melalui momentum itu, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, dalam arahannya mengemukakan agar seluruh lapisan masyarakat dapat berjibaku untuk kembali meraih penghargaan Adipura di tahun 2019.

"Ini adalah hari yang luar biasa, kita berkumpul di Tugu Adipura ini adalah bukti, bahwa Kabupaten Labuhanbatu pernah bersih dan mendapatkan Adipura. Ini bukti nyata bahwa dulu kita pernah menjadi juara, harus kita raih kembali," ujar Dandim.

Untuk itu, Dandim mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar mampu cipta kebersihan dengan mengawali terhadap diri sendiri melalui tindakan peduli terhadap sampah, yang diharapkan bukan hanya menyasar kepada penilaian terbaik, akan tetapi mampu melahirkan masyarakat yang sehat.

"Mari kita awali dari diri kita sendiri, jangan buang sampah sembarangan. Ada sampah kita ambil, buang ketempatnya. Kepedulian ini jangan hanya dikerjakan pada hari ini saja, akan tetapi harus tetap dilaksanakan dan dibiasakan setiap harinya, apabila lingkungan bersih, kita pasti sehat," pesan Letkol Inf Santoso.

Tampak hadir, Kapolres Labuhanbantu AKBP Frido Situmorang, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko Cholifa, Asisten II Sekdakab H. Hasan Heri Rambe, Kabag Ops Polres Labuhanbatu Kompol Mustafa Nasution SH, Para Perwira Staf dan jajaran Danramil Kodim 0209/LB, sejumlah OPD, Camat Rantau Utara Andrea Nuzul Manik, serta 2.000-an peserta yang meliputi ASN dan TNI/Polri.