ASAHAN-Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu SIK menggelar upacara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 bersama unsur Forkopimda dan warga serta melaksanakan bakti sosial guna mendorong masyarakat untuk kembali membudayakan gotong royong terutama dalam membersihkan lingkungan di pasar kartini Jalan Kartini Kelurahan Sendang Sari Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan, Kamis (21/02/2019).

Kapolres Asahan mengatakan dalam sambutannya, bahwa pada hari ini Kabupaten Asahan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional secara terpadu gabungan dari institusi pemerintahan, dari Pemkab Asahan, Kodim 0208/as, Polres Asahan, Bhayangkari, Purwosi, Dinas Kebersihan, Organisasi Suku Jawa Puja Kesuma serta Ormas lainnya dan masyarakat Kabupaten Asahan.

“Gotong royong harus kembali kita budayakan, karena budaya gotong royong merupakan salah satu wujud nyata untuk menuju hidup bersih dan sehat. Karena itu semua lapisan masyarakat harus turut aktif bergotong royong, supaya masayarakat bisa tetap hidup sehat," tutur Kapolres.

"Budaya gotong royong seharusnya tetap kita jaga dan dilestarikan supaya terus dikerjakan oleh seluruh lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, selain dari itu gotong royong juga dapat mempererat tali silaturahmi dari berbagai kalangan masyarakat serta antara Polri dan Institusi Pemerintahan juga,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Asahan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kesadaran dalam bergotong royong, terutama demi menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar agar mendapat udara yang sehat karena budaya gotong royong merupakan tanggung jawab semua warga, untuk itu semua unsur harus turut aktif bergotong royong.

"kini harus disadari bahwa Polri bersama institusi harus tetap berperan aktif untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam kegiatan gotong royong dan tetap menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif," ujarnya.

Sementara itu salah satu masyarakat yang bernama Deni Tambunan mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Kapolres Asahan.

Menurutnya Kapolres Asahan sangat peduli dengan lingkungan dan memiliki sikap yang sangat ramah terhadap masyarakat.

"Salut lihat Pak Kapolres ini, orangnya peduli lingkungan dan sangat ramah terhadap masyarakat seperti kami. Kegiatan seperti ini jarang sekali dilaksanakan, kini Pak Kapolres mau melaksanakan dan ikut serta dalam gotong royong itu bahkan mau mendorong kereta sorong dengan beban muatan," pungkas Deni dengan Gosumut dengan wajah gembira.*