PALAS-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Tingkat Kecamatan Barumun Selatan (Barsel) Kabupaten Padang Lawas (Palas) ,Selasa (19/2/2019) di aula kantor camat Barsel. Kegiatan Musrenbang dipimpin langsung Asisten I Gunungtua Hamonangan Daulay. Kepala Bappeda Hj. Yeni Nurlina Siregar .SP mengatakan,  musrenbang kecamatan merupakan musyawarah yang dilakukan ditingkat Kecamatan guna memperoleh masukan dari masyararakat terkait rencana kerja Kecamatan dan SKPD di tahun 2019.

“Seluruh masukan yang telah diproleh dari masyarakat pada saat rembuk warga dan musrenbang Kelurahan akan ditampung di Musrenbang Kecamatan ini dan hasilnya nanti akan dilanjutkan ke Musrenbang tingkat Kabupaten Palas,” katanya.

Untuk itu melalui Musrenbang Kecamatan ini, kata Hj Yeni Nulina  berharap, usulan yang disampaikan merupakan usulan prioritas dari masing-masing kelurahan yang sesuai dengan program prioritas Pemkab Palas.

“Saya berharap bapak/ibu dari Desa dapat menyampaikan usulan prioritas dari masing-masing Desa sehingga dapat diputuskan di tingkat kecamatan untuk selanjutnya di usulkan ke Musrenbang tingkat Kabupaten,” harap Kaban Bappeda.

  Camat Barsel Abdul Rivai Pane SH menjelaskan Barsel merupakan pintu masuk bagian utara menuju perbatasan Desa Hapung Kecamatan Sosa dan Kabupaten Mandailing Natal, hingga saat ini pembangunan di Kecamatan Barsel ini terus mengalami peningkatan khususnya di sektor infrastruktur jalan raya. Namun disamping itu, di Batangbulu Kecamatan Barsel juga kerap terjadi tindak kriminalitas berupa pencurian.

“Tingginya peredaran narkoba disinyalir menjadi salah satu pemicu maraknya pencurian di Barsel, permasalahan ini juga akan kita sampaikan untuk dijadikan bahan masukan pada musrenbang tingkat Kecamatan," ujarnya.

“Mudah mudahan apa yang diputuskan hari ini dapat diperjuangkan pada Musrenbang tingkat Kabupaten Palas sehingga dapat direalisasikan pada tahun 2019,” harap Camat.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Hj. Irinka Rahmawati SP Msi,Kadis Ketapang Nurhalimah Hasibuan, Kadis Pemdes H. Hamzah Nasution, Kadis Perpustakan dan Arsip Dra. Hj.Nelly Hasibuan, Kadis Perikanan dan Peternakan Ir.Abu Bakari, Kementerian Agama H. Iskannur, Kapolsek Barumun diwakili Bhabinkamtibmas Brigpol Lukman Hakim Hasibuan, perwakilan dari masing-masing OPD terkait dilingkungan Pemkab Palas, para Kepala desa sekecamatan Barsel.*