PALAS-Ketua Bawaslu  Kabupaten Padang Lawas (Palas) Rahmat Efendi Siregar meminta masyarakat turut mengawasi pelaksanaan Pemilu 2019. Termasuk, jika ditemukan adanya politik uang.

Menurut Rahmat , partisipasi masyarakat penting supaya Pemilu berjalan demokratis. "Pelaporan pelanggaran Pemilu bisa disampaikan warga  yang punya hak pilih, pemantau Pemilu, dan peserta Pemilu," kata Rahmat  menanggapi peran serta masyarakat  untuk strategis pengawasan pemilu 2019 di Kabupaten Palas ,Senin(18/2/2019).

Kata Rahmat, meski  warga yang tak memiliki hak pilih pun bisa turut menyampaikan laporan. Hanya saja, laporan itu bersifat nonformal yang disampaikan ke Bawaslu.

"Setiap laporan yang masuk kepihak Bawaslu  merupakan temuan pelanggaran karena tugas dan kewajiban Bawaslu adalah mengawasi dan menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran dari masyarakat," jelasnya.

Rahmat  berharap ada peningkatan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih. Apalagi, dipemilu 2019 ini digelar secara serentak untuk pemilihan Pilpres ,DPD, DPR RI, DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten Palas.

Harapan Bawaslu peran serta masyarakat memiliki andil penting dalam ikut  mengawasi jalannya pesta demokrasi yang  jujur, dan adil serta bermartabat.

Rahmat mengajak elemen masyarakat  bersama KPUD  dan Kepolisian serta Instansi dan jawatan terkait proaktif menegakkan pengawasan pemilu yang berkualitas.

  "Bawaslu akan  menindak lanjuti semua laporan dari masyrakat yang melanggar hukum dan lainnya , termasuk jika ditemukan adanya praktik politik uang," tegas Rahmat.*