JAKARTA - Debat Pilpres kedua pada Minggu (17/2/2019) yang di gelar KPU di Hotel Sultan Jakarta resmi dimulai.

Dalam pemaparan visi misinya, capres 02 Prabowo Subiyanto diberikan kesempatan pertama oleh moderator.

Dalam pemaparannya, Prabowo dengan tegas, jika diberi kesempatan memimpin Indonesia tahun 2019-2024, ia dengan Sandiaga Uno akan fokus dalam mensejahterakan petani, nelayan dan kaum buruh.

"Kaum petani, nelayan dan buruh adalah konsentrasi kami jika diberikan amanah," ujarnya.

Ia juga akan menjamin gaji yang memadai. Sehingga tidak ada lagi impor bahan pokok yang berlebihan.

Capres Prabowo Subianto juga sempat memberikan apresiasinya kepada capres Jokowi dalam sesi debat kedua. Dia memuji Jokowi dalam bidang infrastruktur.

Namun dia menyatakan strategi yang ditawarkannya lebih cepat dari kerja Jokowi."Saya hargai apa yang sudah dilakukan Pak Jokowi di bidang infrastruktur. Beliau telah bekerja keras," ujar Prabowo.

Namun menurut Prabowo, solusi yang ditawarkannya, lebih cepat untuk meraih cita-cita bangsa Indonesia. "Namun namanya demokrasi, saya menawarkan suatu strategi yang akan lebih cepat membawa kemakmuran dan keadilan bagi rakyat Indonesia," tutur Prabowo.

Apa saja strategi Prabowo itu? Dia memaparkan dalam bagian yang lebih awal yakni mewujudkan terciptanya ketahanan pangan, energi dan air.

"PBB telah menyatakan bahwa tiga hal itu merupakan masalah yang menjadi tolok ukur keberhasilan suatu bangsa," tutur Prabowo.

Secara lebih teknis, Prabowo juga menyatakan bahwa dia akan menyiapkan pupuk dalam jumlah berapapun kepada petani.

"Kami akan menjamin pangan tersedia dalam harga terjangkau dan kami juga akan menjamin bahwa petani, nelayan harus mendapatkan imbalan penghasilan yang memadai," tuturnya.

Sementara, Joko Widodo sebagai petahana, ingin fokus kembali menangani soal lingkungan hidup, jika terpilih kembali.

"Selama empat tahun sudah tidak adalagi kebakaran hutan. Kita juga ingin melanjutkan untuk menghilangkan sampah-sampah yang merusak seperti plastik di sungai," ujar Jokowi. ***