LABUHANBATU - Kabupaten Labuhanbatu sudah saatnya memiliki Balai Latihan Kerja (BLK). Tujuannya untuk melatih para pemuda Kabupaten Labuhanbatu agar mempunyai keahlian dan keterampilan untuk masuk ke dalam dunia kerja baik nasional maupun Internasional. Demikian disampaikan Ade Parlaungan Nasution, pemerhati Ekonomi dan kebijakan pembangunan dari Yayasan Universitas Labuhan Batu, Rantauprapat dalam tanggapannya tentang prospek ekonomi Kabupaten Labuhanbatu ke depan.

Adapun bidang yang akan diberikan adalah keterampilan operator alat berat, ketrampilan design grafis, keterampilan las (Welding), keterampilan mekanikal dan elektrikal dan keterampilan berbahasa Inggris.

"Keterampilan ini adalah untuk persiapan yang disarankan oleh Masarakat Ekonomi Asia. Keterampilan ini sudah merupakan kebutuhan dalam proses pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu yang kedepannya banyak membuka lahan-lahan baru baik bidang industri pertanian, Industri Maritim maupun bidang lainnya," jelasnya.

Menurut Ade, pembiayaan Balai latihan Kerja ini dapat dibebankan dalam APBD Kabupaten Labuhanbatu, APBD Provinsi Sumatera Utara dan melaui APBN baik DAU maupun DAK.

"Tinggal sekarang adalah keinginan kuat dan niat baik dari pimpinan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam rangka menciptakan lapangan kerja dan mengurangi tingkat pengangguran sebagaimana yang diamanatkan oleh visi misi Kabupaten Labuhanbatu yaitu masyarakat sejahtera," terangnya.

Ade menerangkan, apabila BLK di Labuhanbatu telah berjalan optimal, disamping mampu memenuhi permintaan tenaga kerja yang andal, Kabupaten Labuhanbatu juga bisa mengirim tenaga kerjanya ke pusat-pusat pertumbuhan ekonomi lainnya di wilayah Indonesia maupun luar negeri.*