PALAS-Ribuan warga dan pelajar se Kecamatan Barumun Tengah dan Huristak, Rabu (13/2/2019) menyambut kedatangan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap (TSO) dan H Ahmad Zarnawi Pasaribu yang tiba di Palas usai Pelantikan oleh Gubsu H Edy Rahmayadi di Medan awal minggu ini.

Pasangan petahana kembali memenangkan Pilkada serentak 2018 lalu itu tiba di Desa Binanga Pada pukul 7:30 WIB, disambut oleh warga Kecamatan Barumun Tengah dan Huristak, diiringi alunan lagu yang dinyanyikan oleh Group Nasid Kaum ibu setempat dan dimeriahkan oleh ratusan lambain bendera yang disuguhkan oleh pelajar.

Sedangkan pengalungan bunga dilaksanakan oleh siswi SMKN 1 Barumun Tengah dan penyematan ulos dilaksanakan oleh tokoh masyarakat kedua kecamatan. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyajian upah upah yang diselenggarakan di Gedung Kantor Camat Barumun Tengah.

Usai acara upah-upah Bupati dan Wabup diarak dengan mobil terbuka di sepanjang jalan di kecamatan itu. Antusias warga kembali terlihat saat barisan warga dan pelajar yang melambai ke arah bupati yang melintas saat memberangkatkan bupati dan wabup beserta rombongan menuju Kec. Aek Nabara Barumun.

Di Kecamatan Aek Nabara Barumun hal yang sama juga dilakukan warga dan pelajar. Camat dan tokoh masyarakat serta alim ulama setempat terlihat bergembira menyambut bupati dan wabup yang tiba di wilayah itu seusai pelantikan untuk priode kedua. Upah upah dan penyematan ulos juga dilaksanakan tokoh masyarakat dan tokoh agama di daerah itu.

Kecamatan Lubuk Barumun yang merupakan lumbung suara TSO-Zarnawi juga melaksanakan penyematan ulos kepada pasangan tersebut.

Informasi yang dihimpuan menyebutkan, sejak pagi  warga dan PNS serta pelajar sudah berkumpul  dilapongan MTQ Lubuk Barumun, menunggu bupati terpilih melintas  di Jalinsum yang lewat dari desa itu.

Saat melintas yang ditandai dengan suara sirene, para warga yang sudah bersiap meminta bupati dengan wabup turun dari mobil, kemudia mereka menyematkan ulos kepada TSO dan ketua PKK Palas. hj Yusra Ali Sutan. Hal yang sama juga dilaksanakan kepada Zarnawi bersama istrinya.

Puncak acara penyambutan itu dilaksanakan di Sibuhuan atau Ibukota Kabupaten, dimana sepanjang di dua sisi jalan warga dan pelajar berkumpul menyambut kedatangan TSO-Zarnawi  yang saat itu diarak dengan mobil terbuka.

Kemudian menjelang tiba di rumah dinas bupati, para tokoh masyarakat dan tokoh adat sePalas berkumpul melaksanakan sambutan secara adat dan dirangkai dengan tor-tor selamat datang oleh sejumlah tokoh adat dan diikuti oleh para penari.

Kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin oleh mantan ketua MUI Palas, Ustad H.Sehat Muda Hasibuan dan acara makan bersama dengan Forkopimda serta elemen masyarakat yang hadir.*