SERGAI-Sosok yang ulet bekerja dan mempunyai wawasan yang luas yang sudah malang melintang di dunia Jurnalis kini mencoba peruntungannya menjadi anggota DPRD.

Minat itu berawal dari kegelisahan nya untuk membela kebenaran,khususnya untuk kaum marginal yang terjerembab dalam persoalan dan kebutuhan hidup.

"Dari latar belakang wartawan saya jadi tahu begitu banyak persoalan dalam masyarakat yang tidak sampai ke atas, mereka sulit menyampaikan aspirasinya, "ungkap Azwen Fadley.SH menceritakan mengapa maju menjadi anggota DPRD.

"Saya mempunyai darah Politik dan jurnalis, jadi semua fungsi ini terus berjalan, di dunia politik sejak SMP sudah ikut-ikutan berpolitik, yang masa itu melihat semangat Haji NARO sosok Politikus PPP ini "membakar" semangat massa PPP dan kita ikut terbakar sampai baju jenis pramuka kita buat gambar PPP dan Ka'bah menggunakan semprotan baygon dan akhirnya kita kena skor di sekolah karena ketahuan,"kenang Azwen Fadly.

Menurut dia, Setelah tamat dari sekolah SMA naluri politik timbul kembali dan ikut-ikutan saja dan akhirnya masuk ke pengurusan DPC PPP hingga sekarang ini masih di PPP menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PPP Kabupaten Serdang Bedagai.

Begitu juga profesi Journalis, sejak tamat SMA tahun 1987 sudah belajar menulis di media massa waktu itu koran Mingguan. Silih berganti koran dan akhirnya masuk ke terbitan koran Harian terbitan Medan.

Hampir 18 tahun sejak berdirinya koran terbitan Medan harian Berita Sore ia menjadi wartawan dan keluar tahun 2016. "Disamping media cetak harian Berita Sore aku juga mencoba bekerja di media TV Indosiar sebagai strenger di 5 Kabupaten/Kota dan keluar sendiri dan masa itu hampir lima tahun di media TV,"ungkapnya. Kemudian ia ikut menjadi wartawan di beberapa media online.

Mengapa maju menjadi anggota DPRD? "Menjadi anggota DPRD bukanlah cita-cita, tapi suatu tugas yang mulia, anggota DPR itu sebuah tugas dan berbagai fungsi, fungsi mengontrol Pemerintah, Legalisasi dan banyak fungsi pekerjaan. Paling yang utama itu menampung aspirasi rakyat, namun aku tidak meyinggung anggota DPRD Serdang Bedagai yang sudah mulai habis masa jabatannya ini, itu warga dan masyarakatkah yang memilih. Kalau mau terima uang tunggu saja lima tahun nanti," Ujar Azwen Fadly.

"Kalau sejak menjadi anggota DPRD ngak pernah turun ke Dapilnya atau ke masyarakat yang sudah mendudukannya lupa dirinya, apakah harus di pilih lagi, nah itulah yang kita harapkan kepada masyarakat harus jeli memilih wakilnya nanti,"imbuh dia.

Keinginan maju Caleg menurutnya karena panggilan jiwa politik dan ini sudah ke dua kalinya. "Ini tahun yang kedua, nomor caleg nomor 2 Dapil 2 Kecamatan Tanjung Beringin dan Kecamatan Teluk Mengkudu, kenapa maju di Dapil 2 itu bukan pilihan tapi itu perintah Partai, Ketua DPC langsung nyuruh Dapil sana, sedangkan aku tinggal dan berumah di Desa Pon dan lahirku di Jalan Tanjung, Tepat jalan Mesjid Agung Sei Rampah. Namun diri ku siap di tempatkan di mana saja, tapil di Dapil 2 ini apa ada keluarga, keluarga sedarah tidak ada, tapi tidak" harus sedarah menjadi keluarga kita punya teman dan mereka terus berjuang menyuarakan diri ku, menempel APK ku dan kenapa ada bahasanya utusan Journalis, ya itulah teman-teman, cuma aku yang Nyaleg dari wartawan,"ungkapnya.

Saat ditanya apa maksud dari motto "Maju Kedepan, Merajut Pembangunan bersama Masyarakat? "Maju kedepan, kita harus maju menatap masa depan bersama masyarakat merajut pembangunan, artinya aku tidak bisa bekerja sendiri, aku rajut pembangunan bersama-sama masyarakat dan Insya Allah duduk di kursi DPRD aku harus turun menggali aspirasi masyarakat, saat ini dalam kurun 10 atau 5 tahun masyarakat di tinggalkan, ini yang terjadi dan ini fakta, tapi bukan semata-mata kesalahannya tapi kesalahan masyarakat yang sudah menerima uang, wajar dong anggota DPRD itu tak datang lagi dan mau nyaleg baru datang untuk memberikan uang kembali."jelas Azwen Fadly.

Jadi apakah anda maju nyaleg katanya hanya membantu caleg satu partai. Lanjut Azwen Fadly," Kalau membantu ya, sebaliknya juga kalau suara ku lebih tinggi kan suara dia juga menyokong dapat kursi, tapi aku yakinkan kepada masyarakat dan teman-teman, aku terus berjuang dan aku harus bisa di atas suara yang sudah pernah ada dan aku berjuang untuk menang,"imbuhnya.

Apa yang sudah di buat dan apa yang mau di lakukan andai terpilih jadi anggota DPRD ?Azwen Fadly ? "Kalaulah apa yang di perbuat ya satu contoh, Pantai Merdeka di Desa Bagan Kuala, aku bersihkan sendiri, lalu aku ajak.Kepala Desa Bagan Kuala Syafril dan beliau mengajak warganya dan aku juga mengajak teman Journalis berkerja membersihkan dan membenahi pantai itu, begitu juga ada warga memiliki kolam ikan alhamdulillaah aku terobos dapat bantuan dan begitu juga jalan aku usulkan ke Dinas terkait ini sudah beberapa tempat ya tahun ini, mudah-mudah apa yang kita buat itulah fungsi membangun bersama masyarakat." pungkas Aswen Fadly optimis.*