LABUHANBATU - Dandim 0209/LB, Letkol Inf. Santoso menggelar tatap muka bersama Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) TA. 2019 dengan Personel Babinsa Kodim 0209/LB dan para kelompok tani, pemilik penggilingan padi dan PPL Pertanian se-Kabupaten Labuhanbatu Raya, Rabu (13/2/2019) di Aula Abdi Manunggal Kodim 0209/LB. Acara ini turut dihadiri Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko Cholifa, Kadis Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Raya, Kadis Hanpang Labuhanbatu Raya, Mewakili Kapolres Labuhanbatu Kombes P. Nainggolan, Pabung Labura dan Labusel Kodim 0209/LB, Para Danramil Jajaran Dim 0209/LB, Para Perwira Staf Kodim 0209/LB, Kakan Silog Rantauprapat, Para PPL Pertanian dan Kelompok Tani diwilayah Kodim 0209/LB, Perwakilan pemilik Kilang Padi di Wilayah Kodim 0209/LB, para Babinsa pendamping Hanpang Kodim 0209/LB.

Sementara dari Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) yaitu Ketua Tim Sergab Mabesad Kolonel Inf Iwan Setiawan, Tim Sergab Mabesad, Kolonel Inf Mahfud, Pabanda Wanwil Sterdam I/BB Mayor Inf Sofyan Bayu Aji, dan Pasi Bhakti TNI Siterrem 022/PT Mayor Inf Parlindungan Sinaga.

Dalam kesempatan, Dandim menegaskan kepada seluruh Babinsa agar berkerjasama dengan PPL dan petugas Dinas Pertanian untuk terus memotivasi dan mendampingi para petani dalam merawat lahan padi dari mulai tanam hingga panen.

“Kodim 0209/LB siap memberikan bantuan kepada petani dalam hal pendampingan penanaman padi hingga panen dan meminimalisir rintangan para petani yang menghambat proses pertanian,” ujar Dandim Santoso.

Sementara, Ketua Tim Sergab Kolonel Inf Iwan Setiawan mengatakan, ke depannya pemerintah bersama TNI akan berjuang meningkatkan program swasembada pangan yang pernah dicapai secara Nasional.

"Namun hal itu tidak terwujud tanpa adanya kerjasama dalam memotivasi petani untuk tidak mengalihfungsikan lahan pertaniannya menjadi lahan perkebunan atau tanaman lainnya," jelasnya.

Usai seremoni, Tim Serapan Gabah Petani (Sergab) TA 2019 melakukan peninjauan ke gudang beras di Kantor Silog Rantaurapat Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Sioldengan, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu dan melaksanakan panen raya di Desa Terang Bulan, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu.