ASAHAN-Pemerintah Kabupaten Asahan telah merampungkan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan se Kabupaten Asahan yang digelar sejak Selasa dan Rabu kemarin untuk menampung aspirasi dari setiap desa dan kelurahan.

“Sudah selesai kita laksanakan, kemarin selama dua hari di dua puluh lima kecamatan secara serentak sejak kemarin. Sudah rampung dan akan segera dibahas dalam Musrenbang Kabupaten,” kata Kepala Bappeda Asahan, Zainal Aripin Sinaga, Rabu (13/2/2019).

Ia menyampaikan kegiatan Musrenbang di 25 kecamatan dilaksanakan selama dua hari, dimulai tanggal 12 sampai 13 Februari 2019, terdiri dari Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kecamatan Sei Dadap (12/2) yang dihadiri oleh Sekda Taufik Zainal Abidin. Di hari yang sama Wakil Bupati Asahan H Surya Bsc menghadiri di Kecamatan Tanjung Balai dan Kecamatan Sei Kepayang Barat.

“Kemarin, kecamatan Aek Kuasan, Rahuning, Pulo Bandring dan kecamatan lainnya di Asahan secara bersamaan telah menggelar musrenbang,”kata Zainal.

Ia menyebutkan pada Musrenbang kecamatan tersebut Camat dan Kepala Desa memaparkan rencana program dan anggaran Desa yang sudah dibahas dalam Musrenbang tingkat Desa.

“Setelah Musrenbang kecamatan maka akan dilanjutkan dengam forum Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dengan mendengarkan pemaparan dari camat dan disinkronkan dengan rencana kerja SOPD terkait,” katanya.

Dikatakannya, Musrenbang merupakan sebagai langkah untuk menampung aspirasi masyarakat dari tingkat bawah sehingga semuanya terangkum dalam agenda pembangunan.

“Musrenbang disusun secara bertahap mulai dari desa, kecamatan sampai kabupaten,” katanya.

Ia menyatakan tidak semua usulan masyarakat dapat ditampung dan dijadikan agenda pembangunan. Namun, usulan itu akan dibahas secara bersama-sama sehingga menjadi skala prioritas untuk dijadikan agenda pembangunan.

“Kita juga akan menyesuaikan dengan visi misi kepala daerah yang disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),”paparnya.*