TOBASA-Bertahun tahun jalan Pangasean Desa Narumonda VII Kec.Siantar Narumonda menuju Desa Hutanamora Simargala Kec.Silaen sudah sangat hancur dan rusak parah hingga tahun 2019 ini dan belum tersentuh pembangunan.

Jalan ini adalah penghubung 3 Kecamatan, Kecamatan Siantar Narumonda dan Kecamatan Silaen serta jalan penghubung menuju Kecamatan Porsea di samping Jalan Negara Jalinsum (Jalan Lintas Sumatera).

Jalan Pangasean-Hutanamora ini adalah salah satu jalan akses utama penghubung desa di dua Kecamatan (Kec.Siantar Narumonda-Kec.Silaen Kab.Toba Samosir) juga merupakan jalan utama untuk transportasi pengangkutan hasil bumi pertanian sawah. Karena di sisi Kiri dan Kanan Jalan  Ratusan Hektare lahan persawahan milik warga di dua Kecamatan.

B.Panjaitan (72) warga desa Hutanamora Kec,Silaen mengaku sungguh prihatin dengan kondisi jalan. "Badan jalan selalu dibanjiri aliran air yang mengalir dari tali air irigasi persawahan di sisi badan jalan, padahal tujuan  air dialirkan untuk mengairi lahan persawahan malah menjadi mengairi ruas badan jalan. Akibatnya air meluap sampai kejalanan membuat jalan semakin becek dan berlobang bak kubangan kerbau,"keluhnya kepada Gosumut Selasa (12/2/2019).

Dijelaskan B.Panjaitan yang rumahnya persis di persimpangan itu, dengan kondisi jalan yang sangat hancur hancuran saat ini sudah sering memakan korban jatuh. Korban yang sering berjatuhan adalah para pengendara sepeda motor yang melintas dari Kecamatan Siantar Narumonda menuju Kecamatan Silaen.

"Jatuhnya pengendara karena tidak bisa melihat batu batu besar yang sudah terkelupas karena air irigasi yang membanjiri jalan serta beberapa lobang yang sudah bak kubangan kerbau dengan kedalaman dari 25 Cm sampai 50 Cm," jelas Panjaitan.

Hal senada juga di sampaikan K.Sinambela (67) warga Pangasean desa Narumonda VII Kec.Siantar Narumonda. "Sudah sering jatuh para pengendara sepeda motor di ruas jala  Pangasean - Hutanamora ini karena banyaknya lobang dan sudah sangat hancur," jelasnya.

"Kami warga dari dua desa di dua Kecamatan ini (Pangasean desa Narumonda VII Kec.Siantar Narumonda - Simargala desa Hutanamora Kec.Silaen) sangat berharap kepada Bupati Kab,Toba Samosir, kiranya jalan penghubung Pagasean Narumonda VII - Simargala Hutanamora yang juga jalan ini adalah jalan penghubung tiga Kecamatan (Kec,Porsea - Kec.Siantar Narumonda dan Kec.Silaen) segera dibangun dan kalau Bupati Kab,Tobasa mendengarkan keluhan dan harapan kami para warganya kiranya di Tahun 2019 ini jalan ini sudah harus terbangun.*