SERGAI-Sebanyak 9 etnis Rohingnya ditemukan warga Kabupaten Serdang Bedagai, tepatnya di Kecamatan Seibamban 6 orang dan dikecamatan Seirampah 3 orang, Rabu (13/2/2019) siang.

Kapolres Sergai AKBP. Juliarman Eka Putra Pasaribu didampingi Kasat Intelkam AKP, T. Manurung, KBO Intelkam Iptu T. Sihombing dan Kepala Dinas Perhubungan Herlan Panggabean, Kaban KesbangLimas, Purba Siregar, Stap Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Suriyan Syahrizal, Kabag Hukum Pemkab Sergai, Basyaruddin SH.

Hal ini berkat adanya laporan masyarakat kabupaten Serdangbedagai bahwa ada 9 orang yang diamankan Rohingya asal Myanmar oleh warga. Pertama 6 orang ditemukan warga disebuah warung milik warga desa suka damai, kecamatan Seibamban.

"Kemudian warga melaporkan kepada kepala desa Sukadamai untuk menghubungi Polsek Firdaus dan selanjutnya keenam warga tersebut kita amankan di Polres Sergai,"ungkap Kapolres.

"Dari keenam rohingnya yang memiliki identitas berupa id card hanya tiga orang. Sedangkan ketiga orang tidak memiliki kartu identitas," cap Kapolres Sergai AKBP Juliarman.

Ia menambahkan, pada siang hari kembali warga melaporkan ada tiga orang Rohingya di masjid pengalangan dikecamatan seirampah, Sergai. Jadi total keseluruhanya ada 9 orang. Kesembilan orang tersebut diberikan makanan dan minuman.

Dari 9 Rohingnya yang merupakan warga Myanmar, namun hanya empat yang memiliki identitas beruap id card.

"Saat ini masih kita lakukan introgasi, karena kita ada kendala komunikasi baik itu bahasa. Mulai bahasa Inggris maupun lainya juga tak mengerti,"imbuhnya.

"Rencana kesembilan orang Rohingnya akan dikembalikan dan diserahkan petugas imigrasi," pungkas Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu.

Hasil pantauan Gosumut, kesembilan etnis Rohingnya sudah diberangkatkan dengan menggunakan Bus Pemkab Sergai dengan nomor polisi BK 7204 NX. Menurut informasi kesembilan etnis Rohingya akan diantarkan ke Belawan kepada petugas Imigrasi dengan pengawalan petugas dinas Perhubungan.*