JAKARTA - Sinar Mas Agribusiness and Food sebagai perusahaan kelapa sawit berstandar global yang terintegrasi dari hulu sampai ke hilir kembali mengundang generasi terbaik bangsa untuk berkompetisi meraih kesempatan mendapatkan Beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2019.

Dalam siaran pers yang dikirim ke GoSumut.com, Selasa (12/2/2019) disebutkan bahwa program beasiswa tersebut memberikan kesempatan pada para penerima beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan bidang studi pertanian dan teknologi pengolahan kelapa sawit.

Dijelaskan, selama menempuh program studi, Sinar Mas Agribusiness and Food akan memberikan bantuan penuh biaya perkuliahan, biaya magang, serta bantuan biaya hidup bagi peringkat 10 terbaik.

Proses pendaftaran dimulai sejak 1 Februari sampai dengan 12 April 2019, kemudian proses seleksi dimulai 24 April sampai 15 Juni 2019, dan masa perkuliahan akan dimulai Agustus 2019.

Program beasiswa ini merupakan salah satu upaya menyediakan pendidikan berkualitas dan gratis bagi siswa terbaik dari seluruh Indonesia. Bidang pertanian dan teknologi pengolahan sawit menjadi pilihan program studi yang ditawarkan kepada penerima beasiswa karena tenaga ahli perkebunan yang berkompeten di dalam negeri masih banyak dibutuhkan, terutama industri kelapa sawit. Program beasiswa ini akan menjadi gerbang utama bagi para calon pemimpin masa depan di industri kelapa sawit Sinar Mas Agribusiness and Food.

Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) dan Institut Pertanian Stiper (INSTIPER) Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan yang menjadi mitra dalam program beasiswa ini. Para penerima beasiswa dapat mengambil program Ahli Madya (Diploma 3) Teknologi Pengolahan Sawit di ITSB atau Sarjana (S1) Perkebunan Kelapa Sawit di INSTIPER. Khusus peserta yang lolos seleksi dan menempuh pendidikan di ITSB, peserta akan mendapatkan ijazah dan mendapatkan sertifikat kompetensi ketika lulus. Sertifikasi kompetensi yang ditawarkan oleh ITSB yaitu kompetensi mekanik atau elektrikal di tahun pertama dan proses kelapa sawit pada seksi penerimaan di tahun kedua.

Dijelaskan, jumlah pendaftar beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food selalu meningkat setiap tahunnya. Pada 2017, sekitar 1.000 siswa telah mendaftar dan mengikuti proses seleksi beasiswa ini. Sedangkan di 2018, jumlah pendaftar meningkat menjadi lebih dari 1.400 siswa. Tahun 2019, diharapkan lebih banyak siswa berprestasi mendaftar.

Pada tahun 2019 ini jumlah kuota penerima beasiswa ditingkatkan, sehingga lebih dari 100 paket beasiswa akan diberikan. Tahun ini, program beasiswa ini juga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pendaftaran dapat dilakukan lebih mudah dan efisien karena sistem pendaftaran dilakukan secara daring (online). Melalui langkah ini, diharapkan program beasiswa ini dapat menjangkau sebagian besar siswa SMA/MA/SMK yang ada di Indonesia.

Untuk meningkatkan hard skill dan soft skill para penerima beasiswa, perusahaan menyediakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan magang di perkebunan milik perusahaan. Langkah ini dilakukan agar teori yang telah dipelajari di bangku perkuliahan dapat dipraktikkan dengan baik serta dapat membangun kecerdaan sosial dalam berinteraksi di organisasi.

Tim Learning Center and Developement Sinar Mas Agribsuiness and Food juga akan mendampingi para penerima beasiswa selama proses perkuliahan berlangsung. Mereka akan mendapatkan berbagai pelatihan dan motivasi seperti leadership dan problem solving . Tidak hanya itu, perusahaan juga menyediakan kesempatan bagi mereka untuk dapat bekerja di Sinar Mas Agribusiness and Food setelah menyelesaikan program studi dengan mengikuti proses seleksi yang ditentukan.

“Kami mengundang generasi terbaik bangsa untuk mendapatkan beasiswa bergengsi Sinar Mas Agribusiness and Food 2019. Kami memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mereka yang ingin mendalami studi pertanian dan menjadi profesional di bidangnya. Sudah banyak alumnus program beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food yang sukses dan kini mereka memiliki karir yang bagus. Oleh karena itu, jangan ragu untuk segera mendaftar di program beasiswa ini”, ungkap Dominique Dion Leswara, Head of HR Indonesia Business, Sinar Mas Agribusiness and Food.

Ditambahkan, proses seleksi beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2019 tidak memungut biaya apapun. "Kami menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap pihak yang mengatasnamakan Sinar Mas Agribusiness and Food untuk tindakan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," terangnya.

Info selengkapnya mengenai program beasiswa ini dapat diakses melalui tautan berikut : https://www.smart-tbk.com/beasiswa/

Sinar Mas Agribusiness and Food beroperasi di bawah Golden Agri-Resources (GAR) adalah salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit terkemuka dengan total luas areal tanam di Indonesia mencapai lebih dari 500.345 hektar (termasuk kebun milik petani swadaya) per tanggal 31 Maret 2018. Perusahaan memiliki operasi terpadu yang memproduksi bahan pangan yang berbahan baku minyak nabati.

Sinar Mas Agribusiness and Food fokus pada produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan.

Di Indonesia, kegiatan utamanya meliputi budidaya dan pemanenan pohon kelapa sawit; pengolahan tandan buah segar menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit; penyulingan CPO menjadi produk dengan nilai tambah seperti minyak goreng, margarin, shortening dan biodiesel; serta perdagangan produk kelapa sawit ke seluruh dunia. Perusahaan juga beroperasi di Tiongkok dan India dengan memiliki pelabuhan, pabrik penghancur biji sawit, memproduksi berbagai produk minyak nabati olahan, serta produk makanan lainnya seperti mie.

Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Efek Singapura pada tahun 1999 dengan nilai kapitalisasi pasar US$ 3,4 miliar per tanggal 30 Juni 2017. Perusahaan investasi Flambo International Limited saat ini merupakan pemegang saham terbesar GAR, dengan kepemilikan saham sebesar 50,35 persen.

GAR memiliki beberapa anak perusahaan, termasuk PT SMART Tbk yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 1992.***