Pengurus Yayasan Nomensen Bersama Mahasiswa/i Bagikan15000 Bibit Dukung penghijauan Danau Toba

Pengurus Yayasan Nomensen Bersama Mahasiswa/i Bagikan15000 Bibit Dukung penghijauan Danau Toba
Pengurus Yayasan HKBP Nomemsen Viktor Silaen,SE.MM saat menyerahkan bibit Durian kepada Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH dan Perwakilan Mahasiswa akan pembagian 15000 bibit Pohon.
Senin, 11 Februari 2019 17:03 WIB
Penulis: Marimbun Marpaung
TOBASA-Kuliah Praktik dan Pengabdian Masyarakat (KPPM) Universitas HKBP Nomensen Tahun Akdemik 2018/2019 secara menyeluruh pelaksanaannya diawali mulai sejak 22 Januari - 13 Februari 2019.

Di Kab.Tobasa Mahasiswa/i Universitas HKBP Nomemsen Medan yang melaksanakan program KPPM di Kab.Tobasa berada di 4 kecamatan yakni : Kec.Balige,Laguboti, Siantar Narumonda dan Kecamatan Porsea dengan 40 kelompok KPPM dengan rincian10 kelompok per Kecamatan dan 8 orang mahasiswa/ i per kelompoknya.untuk pengawas KPPM di Kec.Siantar Narumonda Drs.Nalom Siagian,MM.

Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nomensen Medan Dr. Janpatar Simamora,SH.MH dalam sambutan dan arahannya saat penyerahan bibit kepada masyarakat Kec.Siantar Narumonda yang diterima oleh Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH menjelaskan,Pembagian bibit pohon dengan jenis tanaman Produktif dan Non Produktif dari Universitas Nomemsen Medan kepada Masyarakat desa Kecamatan Siantar Narumonda adalah bagian dari perwujudan Tridarma Perguruan Tinggi salah satunya pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Melalui pengabdian mahasiswa, Univeraitas Nomemsen berkontribusi kepada masyarakat melalui kerja sama secara bergotong royong dalam hal pemberdayaan masyarakat sekitar dengan program pelestarian alam dan lingkungan dengan cara penghijauan lingkungan hidup dengan tanaman Produktif dan Non Produktif.
Ads

Beberapa jenis tanaman pohon Produktif (menghasilkan buah) yang dibagikan kepada masyarakat yakni, bibit pohon Durian, Petai, Belimbing, Sirsak, Rambutan,Jambu bol. Sedangkan untuk bibit tanaman pohon Non Produktif (tidak menghasilkan buah) berupa pohon Mahoni, Kayu Afrika, Sengon, Pohon Mindi, dan beberapa bibit pohon jati.terang Janpatar selaku Ketua LPPM Universitas HKBP Nomensen Medan.

Pengurus Yayasan HKBP Nomensen Viktor Silaen,SE.MM mengatakan, Hadirnya Mahasiswa/i Universitas HKBP Nomensen di Kab.Toba Samosir khususnya di Kecamatan Siantar Narumonda dalam pengabdiannya dengan program Studi Kuliah Praktik dan Pengabdian Masyarakat (KPPM) membuktikan bahwa HKBP Nomensen dengan Yayasan bentukannya hadir dan tetap eksis mendukung program Pemerintah dalam hal dunia Pendidikan.

"Dalam hal ini Yayasan HKBP Nomensen hadir dalam pelayanan dan pengabdiannya untuk meningkatkan pola pikir dan daya saing masyarakat luas khususnya para kaum muda dalam hal dunia pendidikan dengan berbagai program studi pendidikan yang diberikan Universitas HKBP Nomensen Medan di era tehnologi yang semakin canggih saat ini," Jelasnya.

Ditegaskan Viktor, pembagian beberapa jenis bibit Senin,(11/2/2019) kepada warga masyarakat desa di Kecamatan Siantar Narumonda dengan tujuan utama untuk menanami lahan lahan kosong milik masing masing masyarakat desa supaya menjadi lahan produktif yang menghasilkan dengan menanaminya dengan tanaman keras yang produktif dan menghasilkan.

Camat Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH kepada Gosumut menjelaskan dengan kehadiran Mahasiswa/i Universitas HKBP Nomensen Medan di desa Kecamatan Siantar Narumonda dalam pelaksanaan program studi Kuliah Praktik dan Pengabdian Masyarakat (KPPM) Tahun Akademik 2018/2019 ini memang sangat membantu masyarakat dalam hal berbagai pembelajaran baik dalam hal bertani, berkebun, pelestarian alam dan lingkungan hidup khususnya dalam hal administrasi perkantoran di kantor desa (Kepala Desa).

"Sesuai dengan hasil kesepakatan masyarakat melalui Kecamatan kepada pihak Yayasan Universitas HKBP Nomensen pada bulan Maret 2019 ini warga kecamatan Siantar Narumonda mendapatkan kembali penambahan bantuan bibit dari yayasan sebanyak 30.000 di luar yang telah di berikan saat ini. dengan jenis tanaman pohon yang akan diberikan nanti yakni tanaman pohon Produktif dan Non Produktif," jelas Camat.*
wwwwww