JAKARTA - KPU akan mengganti kotak surat suara yang rusak di gudang Cirebon, Jawa Barat. Kotak suara rusak akibat rembesan hujan.

"Iya akan segera kita ganti. Tentang kotak suara di Cirebon itu memang rembesan hujan dari air sungai yang meluap, jadi itu masuk dalam kategori bencana," kata komisioner KPU Ilham Saputra kepada wartawan, Senin (11/1/2019).

KPU saat ini sedang menunggu laporan dari KPU Provinsi Jabar mengenai kerusakan kotak suara dan jumlah kotak suara yang dalam kondisi baik.

"Kita memang (sudah membuat) plan rencana darurat yang mungkin nanti kita akan segera ganti bagian kotak suara itu rusak karena bencana. Tapi prinsipnya itu (kotak suara) tidak sampai ribuan," imbuhnya.

Mengantisipasi kejadian yang sama, KPU pusat menyarankan upaya pencegahan untuk memastikan kotak suara tidak terkena rembesan air.

"Kami sudah memerintahkan kepada seluruh temen-temen di provinsi, kabupaten/kota, yang ada gudangnya itu dikasih palet bawahnya. Karena ini memang rentan dengan kelembaban," imbuh Ilham.***