LABUHANBATU - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan Kejurda Road Race Sumatera Utara.

"Tujuannya adalah untuk menyahuti kemauan anak-anak muda menyalurkan hobinya di ajang balapan sepeda motor, sehingga tidak ugal-ugalan atau melakukan balapan liar di jalan raya," ungkap H Andi pada pembukaan Road Race Sumut, Minggu (10/2/2019) di Sirkuit eks Terminal Padang Bulan Jalan H. Adam Malik Rantauprapat tersebut.

H. Andi Suhaimi mengatakan, lokasi eks Terminal Padang Bulan ini sudah lama tidak difungsikan. Makanya merupakan hal yang tepat ini eks terminal ini kembali difungsikan lagi. Makanya, bersama HIPMI, Pemkab Labuhanbatu membuat event road race sekaligus untuk mengasah hobbi para pembalap dan menyahuti kemauan anak-anak muda dalam menyalurkan hobbi mereka.

"Kalau kita tidak memperhatikan anak-anak muda ini, siapa lagi, karena saat ini banyak terjadi balapan liar di jalan raya. Kegiatan anak muda ini akan saya sahuti kedepannya. Sehingga generasi penerus bangsa dan Labuhanbatu ini dapat menyalurkan hobinya agar terhindar dari prilaku yang tidak baik. Kita ingin meningkatkan kegiatan positif agar terhindar dari perbuatan negatif," kata Andi Suhaimi.

Pria yang senang berolahraga ini sangat berharap kepada para peserta road race agar dapat menjadikan ajang ini sebagai motivasi dalam meningkatkan prestasi kejuaraan otomotif di tingkat nasional.

"Jaga sportivitas dan nilai terbaik, karena kalian pembalap terbaik di Sumut ini," harapnya.

Ketua Panpel Kejurda Road Race, Akbar Al Hafiz Aritonang mengatakan, road race ini diikuti sekitar 200 racer dari berbagai daerah, di antaranya, Kota Medan, Asahan, Tanjung Balai, Kota Pekan Baru, Riau dan Padang Sumatera Barat.

Sementara, Akbar mengakui antusias pembalap lokal di kegiatan itu dinilai luar biasa.

"Ini harus jadi perhatian kita bersama. Menjadi harapan berkelanjutan kedepannya," kata dia.

Dijelaskannya, dalam road race ini mempertandingkan sebanyak 14 kelas, di antaranya, kelas Bebek 4 tak 150 cc, kelas bebek 4 tak 125 cc, kelas bebek 4 standar 125 cc pemula. Kemudian, kelas bebek 4 125 cc open, kelas bebek 4 tak standar 125 cc Novice Tk II Sumut, kelas Bebek 4 tak standar 150 cc pemula MP5, Matic standar 125 cc open, bebek 2 tak standar 125 cc open, Vespa free for All, Vespa standar 200 cc Open, Sport standar 155 cc Pemula Labuhanbatu Raya.

Pada pembukaan road race itu, tampak hadir Dandim 0209/LB, Sekdakab Labuhanbatu, Kasat Lantas Mapolres Labuhanhatu, perwakilan Ketua IMI Sumut, dan jajaran HIPMI Labuhanbatu.