ASAHAN-Wakil Bupati Asahan H Surya B Sc, menyambut tim Pembina dan verifikasi Provinsi Sumatera Utara (Provsu) mengunjungi Kabupaten Asahan, dalam rangka program Kabupaten Sehat, Sabtu (9/2/2019).

Tim yang diketuai Rusdin Pinem SKM, MSi selain disambut Wabup tampak hadir Sekdakab, Ketua Forum Kabupaten Sehat Asahan, Ketua TP PKK Asahan, OPD dan Camat di Aula Melati Kantor Bupati Asahan.

Ketua Ferivikasi Pemrovsu, Rusdin mengatakan sangat mengapresiasi Pemkab Asahan yang telah ikut dalam program kabupaten Sehat dan menjadi urutan pertama dalam mengikuti program Kabupaten Sehat tahun 2019 tingkat Propinsi Sumatera Utara.

Untuk pencapaian dan terwujudnya Kabupaten Sehat,menurut Rusdi semua itu dibutuhkan beberapa kretatria antara lain agar terjalinnya sinergitas antara forum Kabupaten Sehat dengan pembina dan merangkul semua elemen masyarakat serta melengkapi dokumen-dokumen yang mendukung kegiatan tersebut.

Sementara itu Bupati Asahan Drs.Taupan Gama Simatupang MAP dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Asahan H.Surya Bsc,menjelaskan sesuai peraturan bersama Mendagri,dan peraturan bersama Menkes nomor 35 tahun 2005 dan Menkes No.1138/Menkes/PB/XIII/2005 tentang pedoman penyelenggaraan Kabupaten/kota sehat bahwa dalam peraturan bersama ini adalah suatu kondisi dengan bersih,nyaman dan sehat untuk dihuni oleh penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya aplikasi berbagai tatanan dan kegiatan.

“Pemkab Asahan sendiri telah membentuk Tim pembina Kabupaten Sehat sesuai dengan SK pembentukan no 240/Dinkes/2017 yang ditanda tangani pada tanggal 27 Januari 2017 yang lalu dengan tujuan memenuhi lingkungan hidup yang sehat,baik fisik maupun sosial”jelas Surya. *