MEDAN-Kapolsek Percut Sei Tuan, Kompol Faidil Zikri SH SIK meninjau personel yang melakukan pengamanan di Maha Vihara Maitreya.

Peninjauan itu dilakukan Kompol Faidil Zikri untuk memastikan perayaan Imlek 2570 Tahun 2019 di wilayah hukumnya berjalan aman. “Pengecekan pelaksanaan pengamanan perayaan imlek di Maha Vihara Maitreya, Jalan Boulevard Utara Nomor 8, komplek Cemara Asri desa Sampali, kecamatan Percut Sei Tuan, kabupataen Deliserdang ini untuk memastikan perayaan Imlek berjalan dengan aman,” ujar Kompol Faidil dalam keterangan tertulisnya yang diterima GoSumut, Selasa, (5/2/2019).

Lebih lanjut diterangkan mantan Wakasat Sabhara Polrestabes Medan ini, masyarakat di luar umat Budha untuk menyaksikan perayaan Imlek kali membeludak di lokasi tersebut. “Oleh sebab itu, perayaan Imlek tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, karena tahun sebelumnya vihara hanya diperbolehkan atau diperuntukkan buat umat Budha saja. Namun tahun ini dibuka untuk umum, sehingga jumlah masyarakat yang datang luar biasa banyak,” terang Kompol Faidil seraya menambahkan Imlek kali ini bernuansa ibadah dan rekreasi.

Terkait sistem pengamanan yang diterapkan, Alumnus Akpol Tahun 2004 ini mengungkapkan, bahwa polanya telah dirancang oleh Polrestabes Medan sedemikian rupa dengan melakukan koordinasi kepada satuan atas. “Di Maha Vihara Maitreya ada satu pos pengamanan yang diisi oleh 18 personil BKO dengan sistem shif. Sementara dalam komplek Maha Vihara Maitreya sendiri ada 4 pos keamanan diisi oleh lebih kurang 30 personil. Di samping pos pengamanan, personil dari Dit-Sabhara Poldasu, Sat-Sabhara Polrestabes Medan, dan Unit Sabhara Polsek Percut Sei Tuan juga melakukan patroli dialogis secara bergantian di wilayah rawan gangguan kamtibmas dan terkhusus saat ini di tempat-tempat pelaksanaan ibadah Imlek,” ungkap orang nomor satu di Mapolsek Percut ini.