PALU - Sumber Tani Agung Resources (STA Resources), perusahaan yang bergerak di bidang industri perkebunan kelapa sawit dan pengolahan di Sumatera Utara, baru-baru ini menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala pada tanggal 28 September 2018 lalu.

Bantuan yang bersumber dari manajemen dan karyawan/ti STA Resources diserahkan langsung oleh Head HRD, Jonni Simbolon dan Head SS-CSR, Oemar Kadir berupa bantuan langsung tunai yang didistribusikan selama dua hari pada tanggal 16 dan 17 Januari 2019.

Jonni Simbolon dalam sambutannya sebelum menyerahkan bantuan kepada para pengungsi di Desa Sibalaya Selatan, Kabupaten Sigi mengatakan bahwa bantuan yang diberikan adalah wujud kepedulian sosial perusahaan terhadap masyarakat terkena bencana sejalan dengan salah satu dari tiga poin dari tri dharma perkebunan serta program corporate social responsibility perusahaan.

Suwandi, Ketua RT di tempat hunian sementara (huntara) Lere Shelter Palu, mewakili warga di tempat penampungan yang berjumlah 205 kepala keluarga mengatakan, bantuan langsung tunai yang diberikan oleh STA Resources kepada korban bencana sangat tepat sasaran, karena dana yang diterima korban dapat langsung dipergunakan sesuai kebutuhan para pengungsi. Beliau menambahkan baru sekali ini bantuan dari perusahaan yang diberikan dalam bentuk uang tunai kepada pengungsi.

Mukhlis, salah seorang relawan yang juga Ustadz di tempat penampungan Tipo mengucapkan terima kasih kepada STA Resources karena bantuan yang diberikan berbeda bentuknya dari bantuan-bantuan lain. Kalau bantuan dari lembaga-lembaga dan perusahaan lain umumnya adalah dalam bentuk natura atau fisik, namun STA Resources berani mengubah pola dengan bantuan langsung tunai kepada para pengungsi.

Bersama tiga relawan dari Palu, yakni Harris Abdullah yang juga Sekretaris Lion’s Club cabang Palu, Nirwan M. Semauna dan Muhammad Indra, juga menyerahkan bantuan langsung tunai kepada 1180 kepala keluarga (KK) selama dua hari.

Bantuan didistribusikan di 18 titik lokasi penampungan yaitu : Posko Sibalaya Selatan (100 KK), Posko Sibalaya Utara (91 KK), Posko Sidera Dusun (42 KK), Posko Petobo (48 KK), Posko GOR Madani (71 KK), Posko Mamboro (120 KK), Posko Pantoloan Boya (28 KK) dan Posko Lere Shelter (205 KK). Selanjutnya : Labuan Bajo Banawa (62 KK), Tipo (51 KK), Tipo Belakang Terminal (60 KK), Balaroa (155 KK), Lolu Sigi (10 KK) Panti Asuhan Wali Songo (29 KK), Panti Asuhan Al Jabbaru (27 KK), Panti Asuhan As Sabur (27 KK), Panti Asuhan Padang Jahaya (27 KK) dan Panti Asuhan Al Kautsar (27 KK).***