TOBASA-Kapolres Tobasa AKBP.Agus Waluyo, SIK diwakili Waka Polres Kompol.Arifin Siagian melaksanakan ajang silaturahmi dan ramah tamah yang digelar oleh Polres Tobasa dengan warga masyarakat desa di Kecamatan Habinsaran Sabtu,26/01-2019.

Kegiatan tersebut membawakan misi  "Dengan kerja sama yang baik dari masyarakat akan mendukung kinerja Polri untuk menciptakan Kamtibmas yang aman, kondusif dalam melaksanakan PIpres dan Pilcaleg pada bulan April 2019 serta menolak Berita Hoax, Ujaran Kebencian, Propokator, Perpecahan antar Suku dan Antar Agama serta Diharapkan seluruh kalangan warga masyarakat turut serta menjaga Kedaultan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Kegiatan pelaksanaan acara ramah tamah Jajaran Polres Tobasa dengan warga masyarakat 3 Kecamatan (Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau) dilaksanakan di kota Parsoburan Kec. Habinsaran yang dihadiri langsung oleh  Camat Kec.Habinsaran Drs. Benny Siagian, Camat Kec.Borbor Sabam Pardosi, SE , dan Camat Kec.Nassau Timbul Sipahutar, S.Pd.

Camat Kec.Borbor Sabam Pardosi.SE  pada kesempatan tersebut menyampaikan harapan warga masyarakatnya kepada Kapolres Tobasa yang dalam kesempatan tersebut di wakili oleh Wakapolres Kompol Arifin Siagian agar kegiatan yang serupa secara langsung bisa diadakan di Kecamatan Borbor. "Melalui pertemuan ini saya sampaikan Kecamatan Borbor dimekarkan dari kecamatan Habinsaran selaku Kecamatan induk pada 17 tahun yang silam. Dengan usia belasan Tahun tersebut hingga sampai sekarang masih hanya di naungi satu Mapolsek yakni Polsek Kecamatan Habinsaran. Melalui pertemuan ini kami berharap supaya Kapolda dan Kapolri melalui Kapolres Tobasa kiranya dapat dengan secepatnya untuk merealisasikan pengadaan dan pembangunan Kantor Polsek di Kecamatan Borbor," harap Camat Borbor Sabam Pardosi menyampaikan harapan warga masyarakat yang dipimpinnya di Kec.Borbor Kab.Toba Samosir.

Dengan harapan kedepannya supaya warga masyarakat Kecamatan Borbor tidak terlalu jauh apabila berurusan dengan pihak kepolisian baik dalam masalah Kamtibmas dan keperluan lainnya.

Tokoh masyarakat dari kecamatan Nassau, Edi Sipahutar ( Mantan Kepala Desa Batu Manumpak) menyampaikan harapan warga yang kepada Kapolres Tobasa melalui Wakapolres Toba Samosir supaya pembangunan Polsek di kecamatan Nassau bisa terealisasi sebagaimana dengan permohonan Kec.Borbor.

Kab.Tobasa memiliki 16 Kecamatan 441 Desa dengan 13 Kelurahan yang saat ini hanya masih memiliki 6 Mako Polsek yakni Mapolsek Kec.Balige bertugas untuk 1 Kecamatan, Mapolsek Kecamatan Laguboti sendiri, Mapolsek Kecamatan Silaen bertugas untuk 2 Kecamatan, Mapolsek Kecamatan Porsea bertugas untuk 4 Kecamatan serta Mapolsek Kecamatan Lumbanjulu bertugas untuk 2 Kecamatan lainnya.

Polsek Kec.Balige menaungi KecamatanTampahan, Polsek Kecamatan Silaen menaungi Kecamatan Sigumpar untuk Polsek Kecamatan Porsea menaungi Kec.Siantar Narumonda, Kec Parmaksian, Kec.Pintupohan Meranti dan Kec.Bonatualunasi untuk Polsek Kecamatan Lumbanjulu menaungi 2 Kecamatan Kec,Ajibata dan Kec. Uluan sedangkan Polsek Kec.Habinsaran menaungi 2 Kecamatan Kec.Borbor dan Kec.Nassau.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolres Toba Samosir Kompol Arifin Siagian menyampaikan, sekaitan dengan beberapa permohonan yang disampaikan oleh masyarakat ke dua Kecamatan melalui perwakilannya sekaitan dengan pengadaan dan pembangunan Kantor Polsek di 2dua Kecamatan (Kec.Nassau dan Kec.Borbor).

Hal ini tetap menjadi perhatian Polres Tobasa dan hal ini tetap dibuat dalam perencanaan dan pengajuannya kepada pimpinan tertinggi POLRI.karena semua keputusan adalah ditetapkan oleh Pimpinan tertinggi di Mabes Polri .untuk perealisasiannya harus melalui keputusan pimpinan tertinggi di jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia.karena dalam hal penetapan ini menyangkut penempatan Petugas dan Anggaran serta Operasionalnya.*