PALAS-Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa se Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas  (Palas) mengikuti Pelatihan yang diprakarsai Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Barumun,  di Ponpes Hasbullah Sibualbuali desa Sibuhuan Julu,berlangsung selama dua hari sampai Selasa (29/1/2019).

Camat Barumun As’ad Tufeil melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dra.Hj.Rismaini Hasibuan SPdI mengatakan, kegiatan pelatihan diikuti tiga orang setiap desa, sebagai Narasumber adalah Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Tamam Harahap.

"Ada beberapa point penting untuk peningkatan kualitas para anggota TPK, salah satunya tata cara membangun prasarana di desa yang benar sesuai dengan aturan," kata Hj.Rismaini.

“Kegiatan ini dilakukan untuk peningkatan kualitas para anggota TPK dan kader teknik. Karena dalam kegiatan ini, ada beberapa point materi yang disampaikan agar para pelaksana kegiatan di desa mengetahui bagaimana membangun sarana dan prasarana di desa dengan sewakelola Padat Karya. Agar para pelaksana tau bagaimana membangun urusan fisik di Desa dengan perencanaan yang baik," ucapnya.

  Kata Hj Rusmaini ,  di pelatihan tersebut ada juga materi yang disampaikan, salah satunya untuk teori umum bagaimana membuat urusan administrasi dan pelaporan. "Kalau tidak di latih dulu maka mereka akan kelimpungan,” paparnya.

Sementara ditempat yang sama  Ketua BKAD Kecamatan Barumun Abdul Hakim Hasibuan menjelaskan, kerjasama antar desa tersebut lebih memfokuskan kepada sumberdaya manusia.

“BKAD ini lebih fokusnya ke sumber daya manusia dulu, karena ketika fisik dilaksanakan, kalau sumberdaya manusianya sudah jalan, mungkin fisik bisa mengikuti,” katanya.

Untuk itu  Hakim berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, akan dapat meningkatkan pemberdayaan kader teknik yang ada di desa se-Kecamatan Barumun, sehingga  bisa meningkatkan pemberdayaan kader teknik  di desa  khususnya untuk program tahun 2019,” pungkasnya.