DELI SERDANG-Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan Anda untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Namun, tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, donor darah juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

Banyak rumah sakit masih sering mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan transfusi darah. Kurangnya ketersediaan darah diperkirakan merupakan akibat dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya. Padahal, manfaat donor darah tidak hanya dirasakan oleh penerima donor saja, melainkan juga pendonor.

Blood Donor Campaign At Malls Pelayanan darah adalah upaya pelayanan kesehatan yang memanfaatkan darah manusia sebagai bahan dasar dengan tujuan kemanusiaan dan tidak untuk tujuan komersial. Peraturan Pemerintah N0. 7/ 2011 tentang Pelayanan Darah menyebutkan penyelenggaraan donor darah dan pengolahan darah dilakukan oleh Unit Donor Darah (UDD) yang diselenggarakan oleh organisasi sosial dengan tugas pokok dan fungsinya di bidang Kepalangmerahan atau dalam hal ini Palang Merah Indonesia (PMI).

Sesuai penjelasan UU No. 36/2009 tentang Kesehatan Pasal 90 dan PP No. 7/2011 tentang Pelayanan Darah Pasal 46, jaminan pendanaan pemerintah diwujudkan dalam bentuk pemberian subsidi kepada UDD dari APBN, APBD dan bantuan lainnya.

Oleh karena kurangnya ketersediaan darah tersebut, HIPAKAD DS sebagai organisasi sosial merasa terpanggil untuk turut andil membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

Aksi donor darah yang dilaksanakan oleh Hipakat DS Minggu (27/1/2019) di perumnas mandala berlangsung sukses.

Dalam Sambutannya, ketua umum Hipakad Ds edi soesanto mengatakan sudah tiga kali Hipakad Deli Serdang mengadakan aksi bakti sosial donor darah ini di wilayah setempat. "Selama kegiatan ini kita buat belum ada perhatian dari Muspika padahal kami selalu mengundang mereka. Saya kecewa juga atas ketidakpedulian Muspika Kecamatan Percut Sei Tuan ini. Karena acara ini dibuat di Deli Serdang dan Untuk Deli Serdang,"ungkapnya.

Ia berharap Bupati Deli Serdang dapat menegur anggotanya supaya dapat menjalin hubungan kerjasama yg baik terhadap rayon Hipakad Percut Sei Tuan. "Karena aksi donor darah yang di selenggarakan oleh dewan pengurus ranting Hipakad Perumnas Mandala ini di laksanakan utk tercipta nya menjaga hubungan baik dengan ormas yang ada di wilayah Percut Sei Tuan dan Hipakad juga dapat berkerja sama dengan Muspika untuk ikut memerangi peredaran narkoba yang pada saat ini cukup bnyak di wilayah Perumnas Mandala,"ujarnya.

Acara dihadiri langsung oleh Tamu Pengurus DPD Hipakat Sumut, PPM kab.Deli Serdang, FKPPI Sub Rayon Perumnas Mandala, Pemuda Pancasila ranting Perumnas Mandala dan tokoh masyarakat di kelurahan perumnas mandala.

Acara juga dihadiri seluruh rayon Hipakad Kabupaten Deli Serdang dan Ketua DPC, Ketua Satgas DPC hipakad Deli Serdang. Dalam acara tersebut terkumpul 45 kantong darah.*