TOBASA-Disdukcatpil Tobasa laksanakan jemput bola perekaman E-KTP dan administrasi kependudukan lainnya bagi masyarakat di desa Siantar Tonga Tonga 1, 2 dan 3 Kec Siantar Narumonda di kantor sekolah SMP Negeri Satu Atap Sitorang Jae Kec.Siantar Narumonda Jumat,(25/1/2019).

Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Hendra Butarbutar,AP kepada Gosumut menjelaskan, tujuan perekaman jemput bola dilaksanakan untuk lebih mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat luas khususnya kepada seluruh warga desa Siantar Tongatonga 1, 2 dan 3 Kec.Siantar Narumonda.

"Dengan pelaksanaan program kegiatan jemput bola ini akan menghemat biaya pribadi yang akan dikeluarkan oleh warga dalam hal untuk kepengurusannya, juga akan hemat waktu dan hemat tenaga sehingga tidak mengganggu aktifitas kerja sehari hari para warga desa," ungkap Hendra.

Ditegaskan Hendra, Pada kesempatan ini Disdukcatpil Toba Samosir memberikan semua pelayanan pada tiap jenis administrasi kependudukan untuk masyarakat mulai dari Perekaman EKTP dan mengganti yang hilang ataupun telah rusak, pengurusan penerbitan Akte Lahir, Akte Kawin dan Kartu Keluarga (KK).

Kabid menjelaskan Jemput bola perekaman ini juga menyasar para kaum milenial yang belum memiliki E-KTP yang usianya sudah harus mendapatkan E-KTP.

Hadir dalam perekaman Kadis Dukcatpil Pemkab Tobasa Drs. Bonar .M.T Butarbutar di dampingi Kabidnya Hendra Butarbutar,AP serta di bantu oleh stafnya Rani Raja Guguk dan Ruslan Aritonang.

  Simbolon, salah seorang warga desa mengaku pelayanan jemput bola perekaman E-KTP dan administrasi kependudukan lainnya yang di laksanakan Disdukcatpil Tobasa di desa Siantar Tonga Tonga 1 Kec.Siantar Narumonda dirasakan oleh warga desa sangat membantu dan meringankan beban mereka.

"Dengan pelaksanaan kegiatan ini kami warga yang belum lengkap surat surat kependudukannya bisa mengurusnya tanpa mengganggu pekerjaan keseharian kami,"tutur Simbolon.

"Selama ini kami bukannya tidak mau untuk mengurus dan melengkapi surat surat kependudukan kami. Tetapi di karenakan jarak tempuh yang sangat jauh dan tentunya akan memakan biaya lumayan ke kantor Disdukcatpil di ibu kota kabupaten dari desa kami khususnya dalam hal pengurusan Akte Kawin," tambah nya.

"Hal ini juga ditambah dengan kesibukan pekerjaan sehari hari kami para warga desa yang membuat kami selalu terkendala dalam hal kepengurusannya. Makanya kami beberapa warga desa belum memiliki E-KTP,  KK, Akte Kawin dan beberapa anak anak kami juga ada yang belum memiliki Akte Lahir. Dengan program ini kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Tobasa khususnya Disdukcatpil," jelas M.Marpaung (55) warga desa Siantar Tongatonga kepada Gosumut usai melaksanakan Perekaaman E-KTPnya.*